Cara Membaca Hasil Test Pack untuk Mengetahui Kehamilan

Cara instan untuk mengetahui apakah wanita sedang hamil adalah dengan alat sederhana seperti test pack. Namun, ternyata banyak yang masih belum memahami bagaimana cara membaca hasilnya.

Alat tes pack sangat mudah dijumpai di apotek bahkan toko retail besar. Mengetahui status kehamilan secepatnya memang penting guna menjaga kehamilan itu sejak hamil muda.

cara menggunakan test pack

Kenali Test Pack

Alat tes pack kehamilan ada berbagai macam bentuknya, ada yang berupa batang kertas, adapula yang berupa batang plastik. Cara penggunanya juga beragam tergantung pilihan alat tes pack.

Untuk yang berbentuk kertas, cukup celupkan langsung ke dalam urine yang telah ditampung. Sedangkan tes pack dalam bentuk batang plastik ada yang dicelup ada juga yang ditetesi. Untuk lebih lanjut pemakaiannya, Anda dapat bertanya kepada apoteker.

Meski bentuknya beragam, namun cara kinerjanya sama, yaitu memeeiksa hirmon beta hCG pada urine.

Bagaimana Membaca Hasil Tes Pack Kehamilan

1. Tes Pack Negatif

Hanya terlihat satu garis merah, yaitu garis kontrol yang ada di atas dekat bagian yang kita pegang saat mencelupkan tes pack ke dalam urine. Dan ini meeupakan tanda bahwa Anda tidak hamil.

Namun, jika Anda telat haid dan hasil tes pack negatif, maka perlu dilakukan tes ulang 3 hari kemudian.

2. Test Pack Positif

Terlihat dua garis berwarna merah, garis paling atas dan garis di bawah. Yang mana menandakan hasil kehamilan positif. Namun, meski hasil kehamilan positif perlu dilakukan pemeriksaan lagi sebab ada berbagai kasus seperti hamil kosong maupun hamil anggur yang juga menunjukkan hasil positif.

3. Test Pack Invalid

Invalid artinya pemeriksaan yang dilakukan gagal. Hasil invalid bisa diketahui dengan melihat tidak adanya garis kontrol. Atau jika ada garis kontrol maka letaknya berada di bawah,bukan dekat bagian yang digunakan untuk dipegang.

Prosedur Pemakaian Test Pack

1. Sediakan urin dalam wadah.

2. Buka bungkus test pack kehamilan

3. Pegang alat secara vertikal dan celupkan ke dalam urin di bawah tanda atas.

4. Angkat strip setelah 10 detik dan baringkan strip pada alas datar yang bersih, kering, dan permukaan yang tidak menyerap

5. Tunggu 1-5 menit hingga garis berwarna muncul.

Dengan cara penggunaan yang tepat, hasil yang bisa ditampilkan pun akan lebih akurat. Selamat mencoba ya!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE