Cara Membuat Air Bunga Mawar Sendiri di Rumah

rose water coverMawar adalah salah satu bunga yang melambangkan rasa cinta dan romantisme. Mawar, selain cantik sebagai bunga, ternyata juga sangat baik untuk menjaga kesehatan dan perawatan tubuh. Bahkan khasiatnya sudah banyak dipakai dan terkenal sejak jaman dahulu. Untuk kecantikan, bunga mawar sering dimanfaatkan dalam pembuatan air mawar yang sangat bermanfaat dalam menciptakan kolagen untuk kesehatan rambut dan kulit agar terlihat awet muda.

Air mawar sendiri sering digunakan sebagai toner untuk kulit yang normal dan kering. Air mawar juga bagus bagi mereka yang memiliki jenis kulit sensitif, racikan dari bunga mawar ini memang paling banyak diaplikasikan untuk kesehatan dan perawatan kewanitaan. Air mawar mengandung bahan antiseptic dan antibacteri yang dapat menjaga Anda dari proses iritasi. Sifat dari air mawar sendiri yang anti inflamasi membuat wajah yang awalnya tampak kemerahan akan mereda dengan cepat.

Air mawar juga mengandung vitamin A, C, dan E yang sangat baik untuk kulit dan rambut Anda. Bahkan kandungan vitamin C yang dimilikinya memiliki nilai 8 kali lebih banyak dari vitamin C pada umumnya, sebab adanya kandungan Roses Hip Seeds. Adanya kandungan ini memberikan efek anti oksidan yang sangat baik untuk menjaga kulit dari penuaan. Manfaat lain yang bisa didapatkan dari air mawar di antaranya:

  1. Baik untuk kulit berjerawat
  2. Menyegarkan kulit
  3. Mencerahkan kulit wajah
  4. Mencegah penuaan dini
  5. Menyehatkan mata
  6. Memanjangkan rambut
  7. Menjaga kesehatan rambut
  8. Mengurangi ketombe
  9. Mengurangi garis-garis akibat celana dalam
  10. Menghilangkan bekas jerawat
  11. Baik untuk kulit kering
  12. Baik untuk perawatan penyakit kulit
  13. Sebagai relaksasi

Air mawar atau rose floral water bisa Anda dapatkan dengan sangat mudah di toko-toko kosmetik, hanya saja kemurniannya tidak bisa dijamin 100%. Kalaupun ada, tentu harga yang ditawarkan lebih exclusive. Nah, jika Anda ingin memakai air bunga mawar yang benar-benar terjamin alami dan natural tanpa tambahan kimia, kini Anda bisa mendapatkannya langsung dari dapur Anda sendiri. Caranya pun cukup mudah, Anda bisa memilih salah satu dari ke-2 cara membuat air bunga mawar sendiri di rumah yang dijelaskan berikut ini.

Bahan Rose Water

Beberapa kelopak bunga mawar
Air suling
Wadah/botol penyimpanan berwarna gelap

Cara I :

1. Siapkan bunga mawar sesuai keinginan/kebutuhan. Bunga bisa didapat dari taman di halaman rumah (jika ada) atau membelinya di toko bunga.

Cara 1 rose water 1

2. Ambil kelopak bunga, lalu cuci hingga bersih.

Cara 1 rose water 2

3. Rebus kelopak bunga mawar dengan menggunakan air suling. Rebus dengan api kecil hingga warna merah kelopak bunga menjadi pucat.

Cara 1 rose water 3

4. Saring air rebusan bunga mawar dengan saringan bersih.

Cara 1 rose water 5

5. Masukkan ke dalam botol berwarna gelap setelah air mawar mulai dingin. Letakkan di tempat teduh yang jauh dari sinar matahari.

Cara II :

cara 2 rose water 1

1. Cara yang digunakan sama seperti sebelumnya. Hanya saja, kali ini di dalam panci diletakkan sebuah mangkuk kecil, usahakan agar mangkuk tetap berada ditengah panci.

cara 2 rose water 2

2. Gunakan tutup panci dengan keadaan terbalik, lalu letakkan es batu di atas tutup panci seperti gambar di atas.

cara 2 rose water 3

3. Rebus dengan api kecil dan tambahkan terus es batu sampai warna kelopak bunga menjadi pucat. Dengan cara ini Anda akan mendapatkan 2 jenis air mawar, yaitu air mawar dalam mangkuk kecil yang berasal dari uap rebusan air dan air mawar dari rebusan kelopak bunga seperti cara 1.

cara 2 rose water 4

4. Setelah dingin tuangkan air mawar ke dalam botol berwarna gelap.

Air mawar ini bisa tahan sampai setidaknya 6 bulan asalkan disimpan dalam botol gelap, dijauhkan dari paparan sinar matahari dan disimpan di tempat sejuk. Air mawar juga bisa untuk dikonsumsi seperti ditambahkan ke dalam masakan atau untuk membuat kue. Kenapa proses pembuatan air mawar harus menggunakan air suling? Karena jika menggunakan air biasa, mineral dan kandungan zat-zat lainnya terlalu banyak dan hal ini kurang direkomendasikan. Jika di dekat rumah Anda ada air RO (Reverse Osmosis) yang dijual, maka pilihlah jenis air ini karena sama dengan air suling dan bisa dipakai untuk membuat air mawar. Selamat mencoba! Keep healthy and greeny ^^

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE