Cara Membuat APE Aquarium Dari Kardus Bekas

aquarium 1Memberikan mainan berupa gadget kepada anak menurut berbagai penelitian hanya akan menghambat tumbuh kembang otaknya saja. Tak hanya itu, efek negative pemberian gadget terlalu dini tidak memacu gerak sosial dan verbalnya dengan baik, tak heran jika saat ini banyak anak yang mengalami keterlambatan bicara padahal sudah berusia 5 tahun.

Untuk menunjang masa perkembangan golden age-nya, sebisa mungkin kita bisa menghindarkan anak dari penggunaan gadget dan beralih ke mainan-mainan edukasi tradisional yang bisa dibuat sendiri dari bahan baku sampah. Salah satu bahan baku sampah tersebut adalah kardus bekas, kita bisa menyulap kardus bekas ini menjadi sebuah aquarium yang cantik dan unik. Mau tahu bagaimana cara membuatnya? Berikut tipstriknya!

Alat dan bahan yang dibutuhkan:
Kardus besar (memiliki bagian sisi tinggi)
Kertas karton
Kertas warna-warni
Gunting
Lem Fox
Benang dan Jarum
Kancing
Penggaris
Alat Tulis

Cara Membuat:

  1. Buat pola persegi empat pada bagian tengah-tengah satu sisi kardus, lagu gunting kardus sesuai pola yang telah digambarkan.
  2. Lalu buat beberapa lubang di bagian atas kardus secara horizontal, fungsinya agar kita bisa menggerak-gerakkan ikan dengan menggeser-geserkan kancing.
  3. Buatlah pola ikan, kepiting, tumbuhan air dengan kertas warna yang kemudian ditempelkan ke kertas karton, lalu guntinglah.
  4. Setelah itu, susupilah benang pada ikan, kepiting menggunakan jarum.
  5. Agar terlihat seperti gambar 3 dimensi, benang yang telah disusupkan tadi dijahitkan pada kancing dan sisi bawah juga sisi atas kardus, dengan begitu ikan-ikannya akan terlihat seperti mengapung dan berenang bukan?? dan tanaman air juga di tempelkan di bagian depan agar bisa menimbulkan efek 3 dimensi.

Bagaimana, mudah bukan? Selamat mencoba Ayah dan Bunda ^^