Cara Membuat Celengan Dari Kaleng Bekas Pringles atau Jacker

celenganCelengan identik dengan wadah penyimpanan uang koin berbentuk kotak atau karakter hewan. Namun seiring dengan waktu, kini banyak orang yang mulai memanfaatkan barang bekas menjadi sesuatu yang dapat dipakai atau digunakan. Seperti halnya dalam membuat celengan, jika Anda memiliki kaleng bekas makanan ringan Pringles atau Jacker (Potato Crisps) Anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah celengan yang cantik dan berbeda dari yang lain.

Tidak butuh banyak modal untuk menghias kaleng bekas potato crisps ini menjadi sebuah celengan yang cantik dan kerajinan yang mudah dibuat, bahkan hasilnya bisa Anda jual kembali dengan harga yang terjangkau bagi semua kalangan. Tentunya dengan berbagai modifikasi dan hiasan yang lebih baik. Hanya bermodalkan kertas kado dan lem atau double tape, celengan dengan hiasan motif yang diinginkan bisa Anda miliki dengan mudah. Mau tahu bagaimana caranya memodifikasi kaleng-kaleng makanan ringan ini menjadi celengan yang cantik? Berikut cara membuat celengan dari barang bekas dan cara membuat kerajinan dari kaleng bekas.

Bahan yang dibutuhkan:

celengan 2

Kaleng bekas potato crisps (Pringles/Jacker/semacamnya)
Kertas kado
Lem/double tape
Gunting
Cutter

Cara Membuat:

Pertama, ukur lingkaran kaleng dengan kertas kado, lalu tandai dimana ujungnya bertemu baik dari lingkaran diameter maupun atas dan bawah, dan gunting.

Kedua, tempelkan kertas kado ke bagian permukaan kaleng dengan dibubuhi lem pada bagian ujung-ujung kertasnya agar menempel di kaleng dengan baik, begitupula jika memakai double tape. Pastikan menempel dengan baik agar hasilnya rapi tanpa ada bagian yang bergelembung.

Ketiga, setelah selesai menghias bagian kaleng, jangan lupa hias juga bagian tutup kalengnya. Sebelum dihias, lubangi bagian atas tutup dengan cutter sebagai tempat untuk memasukkan koin atau uang kertas. Lubangi secukupnya, jangan terlalu besar.

Keempat, setelah selesai, letakkan tutup kaleng di atas kertas kado dan lingkari dengan pensil atau bulpoin. Lalu gunting.

Kelima, tempelkan kertas kado yang telah digunting dengan lem, rapikan pinggirnya dan bagian lubang untuk memasukkan koin dengan cutter. Selesai.

celengan 1

Sekarang celengannya sudah siap digunakan, bisa juga untuk dijadikan sebagai sarana menabung bagi adik atau anak-anak di rumah agar mereka semakin semangat menabungnya.

Kita harusnya dapat memanfaatkan setiap benda yang ada disekitar kita dengan keterampilan tangan dari barang bekas, kita dapat cara membuat kerajinan tangan dari kardus bekas yang mudah atau cara membuat celengan dari botol bekas sehingga limbah barang bekas yang terbuang dapat dikurangi dengan pemanfaatan barang-barang tersebut menjadi barang yang lebih bermanfaat. Cara membuat kerajinan tangan unik dan cara membuat kerajinan tangan yang mudah dibuat dapat juga menjadi nilai tambah pendidikan. Berikut cara membuat kerajinan dari barang bekas yang mudah dapat jadi panduan untuk anak-anak SD mencoba hal-hal baru. Selamat mencoba berkreasi!