Cara Membuat DIY Mie Rainbow Pelangi Untuk Montessori Di Rumah

Mie Rainbow coverMontessori merupakan salah satu metode pendidikan yang berfokus pada teori perkembangan anak yang dikembangkan sekaligus ditemukan oleh Dr. Maria Montessori. Ia merupakan salah satu pendidik asal Italia di akhir abad ke-19 dan abad 20. Metode belajar yang lebih menitik beratkan pada sensory play ini umumnya diterapkan di pra-sekolah dan sekolah dasar, meskipun ada juga beberapa yang menerapkannya hingga jenjang pendidikan menengah.

Ciri dari metode belajar ini adalah lebih menekankan pada aktivitas pengarahan diri pada anak dan pengamatan klinis dari pembimbing. Jika Anda masih belum memahami tentang belajar ala Montessori, mungkin Anda bisa mengetahui seberapa pentingnya sensory play untuk anak.

Dalam memberikan stimulus-stimulus kepada anak dengan metode Montessori di rumah, banyak kegiatan mudah dan praktis yang bisa Ayah dan Bunda lakukan. Seperti memperkenalkan warna, tekstur, aktivitas memasak, memperkenalkan makanan dan lain sebagainya melalui kegiatan bermain yang menyenangkan. Mie Rainbow, atau mie warna-warni menyerupai pelangi ini bisa parent buat dengan bahan yang sangat sederhana. Bahkan Anda bisa memanfaatkan mie instant yang jarang dimakan oleh anggota keluarga menjadi sebuah mainan asyik bagi si kecil.

Namun, perlu diingat bahwa proses bermain si kecil tetap harus dalam pengawasan ya parents. Apalagi jika anak Anda berusia balita, mereka seringnya memasukkan barang ke dalam mulut secara sembarangan, karena mereka berpikir itu adalah makanan. Nah, mau tahu bagaimana cara membuat Mie Rainbow DIY ini? Berikut resepnya:

Bahan-Bahan yang dibutuhkan:

Mie Rainbow bahan

 

  • Mie Instant/bihun/sohun/spagetti
  • Pewarna makanan
  • Gelas plastik bekas minumn (untuk memberikan warna warni pada mie)
  • Garpu plastik untuk mengaduk
  • Air

Cara membuat:

  1. Rebus mie dalam air yang sudah mendidih, pastikan mie dalam keadaan tidak terlalu lembek namun juga tidak dalam keadaan renyah (masih belum mengembang). Jika mie tidak matang sempurna, mie akan mudah patah. Anda bisa mengganti mie instant dengan jenis mie lain seperti mie bihun/spagett dan sejenisnya.
  2. Jika mie sudah matang, tiriskan dan rendam dalam masing-masing gelas plastik bekas yang sudah diberi warna sesuai yang diinginkan selama kurang lebih 3 menit. Anda bisa mengombinasikan warna-warna sekunder dari warna primer untuk menghemat budget.
  3. Tengok rendaman mie sesekali untuk memastikan bahwa warna pada mie sudah merata dengan baik. Jika dirasa masih belum merata, Anda bisa memperlama rendaman atau memberikan sedikit tambahan warna.
  4. Tata dalam wadah, dan Mie Rainbow Pelangi siap untuk dimainkan.

Mie Rainbow

Pastikan si kecil diberikan alat untuk menyendok seperti garpu plastik, sendok mainan, atau sumpit agar ia belajar melenturkan jari-jemarinya. Selamat mencoba! Happy weekend!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE