Cara Membuat Tempat Pensil Unik Dari Kain

tempat-pencilMemiliki sesuatu yang dibuat sendiri memang terasa lebih bangga dan berkesan. Jika Anda memiliki sisa kain bekas dari baju, celana jeans maupun kain jenis lain yang sudah tidak dipakai, sebaiknya mulai dari sekarang Anda mengkreasikannya menjadi sesuatu yang unik dan tentunya bisa digunakan.

Salah satu kreasi unik yang paling sering memikat hati wanita baik remaja maupun dewasa adalah tempat pensil unik. Membuat kerajinan tempat pensil yang berbeda dari yang lain ternyata tidaklah sulit, Anda hanya membutuhkan 2 helai kain, resleting dan alat jahit. Jika tidak memiliki mesin jahit, Anda bisa memanfaatkan keahlian sendiri dalam menjahit manual. Hal ini tentu tidak akan mengurangi esensi keindahan dan kegunaan dari tempat pensil itu sendiri. Nah, sudah tidak sabar kan bagaimana cara membuatnya? Berikut tutorialnya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

2 helai kain berukuran 9 inci x 10 inci (disarankan jenis kain yang digunakan bertekstur agak kaku dan tebal seperti bahan kain kanvas atau jeans)
1 helai resleting berukuran panjang 20cm
Gunting Zigzag

Cara Membuat:

  • Lipat salah satu bagian kain ke arah dalam, lalu setrika dengan rapi sebagai penanda. Lakukan hal yang sama pada kain yang satunya.

1

  • Jahit resleting ke salah satu bagian kain yang telah ditandai dengan lipatan, secara berhadapan dengan kain yang lainnya, pastikan posisi resleting berada di bawah kain yang telah dilipat tadi.

3

  • Jahit bagian bawah kain yang berseberangan dengan tempat resleting dengan posisi kain bagian dalam berada di luar.

4

  • Posisikan bagian bawah kain yang telah dijahit tadi berada di posisi tengah-atas, dan bagian resleting berada di bagian bawah-tengah.┬áJahit kedua bagian pinggir kain.

5

  • Perhatikan bagian sudut kain, pin kain dengan jarum pentul agar tidak bergeser lalu tandai sekitar 2.5cm dari ujung sudut. Jahit lurus kain yang sudah diberi tanda dengan posisi seperti bentuk segitiga. Lakukan pada semua sudut kain (semua berjumlah 4 sudut).

9 10

  • Jika sudah dijahit, gunting masing-masing bagian sudut kain dengan gunting zigzag atau gunting biasa untuk membuang sisa kain di luar kampuh jahitan. Jangan terlalu dekat dengan jahitan, berikan jarak sekitar 1cm dari batas jahitan agar jahitan tidak mudah lepas.

11

  • Balikkan posisi kain menjadi posisi yang seharusnya.┬áSelesai.

12

Bagaimana, mudah bukan? Jika ingin dijadikan bisnis rumahan, pastikan Anda memilih jenis kain yang sesuai, tidak terlalu tipis tapi juga tidak terlalu tebal. Jika Anda ingin menggunakan kain tipis, Anda harus menggunakan lapisan inner seperti kain flannel atau kain yang khusus digunakan sebagai inner dompet atau tas yang berwarna putih. Pemilihan kain dasar juga disarankan menggunakan jenis kain kanvas. Saat ini banyak yang menjual kain kanvas polos maupun motif yang unik secara online. Anda bisa mendapatkannya dengan mudah dan murah. Tempat pensil dari kain flanel, cara membuat tempat pensil dari kain flanel, cara membuat tempat pensil, cara membuat tempat pensil dari kardus, tempat tisu dari kain flanel, ide kreatif dari barang bekas, ide kreatif barang bekas, kerajinan kain flanel, cara menjahit kain flanel, tempat pensil dari botol bekas, cara membuat tempat tisu dari kain flanel, cara membuat kerajinan, tempat pensil. Selamat mencoba!