Cara Menanam Tauge Tanpa Buntut

cara menanam tauge tanpa buntut, cara menyemai tauge, menanam tauge sendiri, taoge tanpa buntut, tauge tanpa akar, tips menanam taugeTauge atau kecambah adalah tunas tumbuhan atau sporofit muda yang baru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Umumnya dari biji kacang hijau. Tauge merupakan gudangnya nutrisi. Banyak nutrisi yang terkandung di dalam tauge sangat penting bagi pasangan yang ingin cepat hamil atau sedang menjalani program untuk mendapatkan momongan.

Berbagai makanan nikmat pun menggunakan tauge sebagai bahan dasar utama, sebut saja tauge goreng dan tahu campur tauge. Nah Anda lebih suka memakan tauge tanpa buntut atau tauge bersama buntutnya? Buntut disini adalah akar kecil dari kecambah. Bila Anda membeli tauge di pasar tentunya butuh effort lebih untuk memotong buntutnya untuk mendapatkan tauge yang bersih dan tanpa buntut.

Ternyata ada trik sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tauge tanpa buntut lho. Caranya dengan menanam tauge sendiri dirumah dengan menggunakan beberapa peralatan sederhana. Penasaran bagaimana caranya?

Cara Menanam Tauge Tanpa Buntut
oleh : Rumah Hidroponik Bertha Suranto

Alat dan Bahan
– Kacang Hijau 300 gram
– Bak untuk menampung air (bak pertama)
– Bak berjaring atau berbolong-bolong (bak kedua)
– Kain strimin yang terbuat dari plastik
– Kain flanel yang sudah dibasahi

Langkah-langkah
– Sebelumnya cuci bersih kacang hijau, lalu buang kotoran-kotoran yang mengapung hingga benar-benar bersih. Setelah di cuci bersih rendam kacang hijau menggunakan air hangat selama 3 jam.
– Kita akan menanam tauge sebanyak tiga lapisan. Pertama siapkan bak pertama di bagian paling bawah lalu taruh bak kedua diatasnya. Sekrang kita mulai membuat lapisan, caranya taruh kain strimin di bagian dasar bak kedua kemudian kain flanel di lapisan kedua setelahnya taburi kacang hijau secara merata. Lakukan hal yang sama hingga lapisan ketiga. Pada tahap akhir gunakan 2 buah kain flanel agar tidak ada cahaya yang masuk, kemudian simpan bak di tempat gelap, atau bisa di masukkan kedalam box atau kotak yang telah diberi lubang sebelumnya agar oksigen atau udara tetap masuk.
– Siram dengan air biasa dua kali sehari, lalu air yang tertampung dibawahnya kita buang teratur. Di hari ke empat tauge siap di panen.

Hasil panen : 1100 gram

Jika tauge Anda berwarna merah atau pink, itu artinya terdapat cahaya yang masuk ke dalam tauge Anda. Lebih sedikit cahaya yang masuk, lebih bagus kualitas tauge yang Anda panen. Dengan menggunakan cara tanam seperti ini, Anda akan mendapati akar tauge menggantung di kain flanel. Untuk membersihkan kulit hijau pada kepala tauge, cukup goyangkan flanel hingga kulit benih berjatuhan. Kemudian untuk memanennya cukup gunting tauge agar lepas dari kain flanel. Anda tidak perlu mencabut akar tauge satu persatu lagi. Selamat mencoba!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE