Cara Mengajari Anak Membaca Dengan Menyenangkan dan Efektif

Melihat anak dapat membaca merupakan salah satu hal yang diinginkan orang tua. Terlebih anak-anak yang telah memasuki usia masuk sekolah Taman Kanak-Kanak. Di usia sekolah, anak-anak memiliki kondisi yang mengharuskan dapat membaca dan menulis, sehingga Anda sebagai orang tua harus mengjarkannya juga di rumah.

cara mengajari anak membaca

Sebelum mengjarkan anak-anak membaca, lebih baik Anda menghindari beberapa hal seperti: Jangan memaksa anak-anak jika sudah lelah atau tidak mood, jangan terlalu keras dan memaksa, serta hindari pembelajaran dengan abjad rumit seperti membaca kalimat. Berikut cara mengajari anak-anak membaca dengan menyenangkan.

1. Membaca sambil menyanyi

Bernyanyi merupakan salah satu hal yang disukai oleh anak-anak. Mengajarkan abjad dengan bernyanyi dapat memberikan efek yang lebih baik sebab dinyanyikan serta lebih mudah diingat. Metode ini sangat mudah dan efektif, sehingga Anda juga dapat mengajarkan kata sederhana dengan nyanyian.

2. Membaca dengan bantuan media elektronik

Di zaman serba modern dan serba gadget, semakin mempermudah Anda sebagai orang tua untuk mengajarkan banyak hal kepada buah hati Anda. Contohnya video pembelajaran mengenal huruf dan angka yang dapat Anda download dengan gadget. Atau permainan edukasi dengan gambar yang menarik akan membuat si kecil senang dan belajar sesuatu dari hal tersebut.

3. Membaca sambil bercerita

Membaca sambil bercerita dapat dilakukan dengan pemilihan buku bacaan yang banyak memiliki gambar namun dengan sedikit kalimat cerita. Dalam buku cerita bergambar, anak-anak juga akan belajar memahami karakter-karakter yang ada di dalam buku cerita.

4.Flash Card

Flash Card tentu menarik bagi anak-anak. Ada gambar yang menarik serta kata yang mudah dipahami dan diingat. Anda dapat mengajarkan flash card bergambar sederhana seperti mengenalkan anggota keluarga, nama buah, nama hewan. Flash Card juga dapat Anda buat sendiri dengan gambar yang telah Anda buat serta menuliskan nama dari gambar Anda. Dari flash card juga Anda dapat melakukan tes dengan menghilangkan kata dan hanya gambar atau tanpa gambar dengan sebuah kata.

5. Usahakan anak belajar membaca setiap hari

Anda harus memmbiasakan anak Anda belajar setiap hari, tak perlu waktu yang lama cukup sedikit waktu namun rutin dapat memberikan efek kelancaran membaca. Mulailah dengan kata sederhana bergambar kemudian jika dirasa anak Anda sudah mampu baru Anda memberikan kalimat yang lebih kompleks.

6. Pahami mood anak

Anda wajib memahami mood anak Anda, jangan sampai ketika anak Anda sedang marah, lelah, lapar atau mengantuk diajak belajar, maka dipastikan anak-anak tidak akan menurut. Usahakan Anda mengajari anak Anda membaca ketika dalam mood yang baik serta sedang bersemangat sehingga anak akan lebih mudah belajar.

7. Berilah Pujian

Hal yang terlihat sepele, namun memberi pujian mampu memberikan semangat dan kepercayaan diri pada diri anak-anak. Sehingga setelah melakukan pembelajaran dan berhasil membaca beberapa kata, Anda dapat memberi peluk dan cium serta pujian atas usahanya.

Dengan cara diatas, diusahakan agar Anda sebagai orang tua dapat memberikan pembelajaran pada anak Anda dengan cara yang menyenangkan. Untuk mengajari anak-anak Anda dituntut untuk sabar dan penuh kelembutan, jangan sampai anak Anda belajar dengan perasaan terpaksa dan tertekan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE