Cara Mengatasi dan Mengendalikan Rasa Marah Pada Anak

cara mengatasi marahMarah merupakan hal yang pernah dialami oleh setiap orang. Luapan emosi ini ini juga kerap dialami oleh orangtua pada anaknya, sekalipun mereka bukan tipe pemarah kadangkala hal tersebut terjadi dalam situasi tertentu. Pada beberapa kondisi, adakalanya rasa marah tidak terkontrol dan menimbulkan boomerang. Padahal dalam beberapa penelitian, orangtua pemarah hanya akan menghasilkan anak yang bermasalah. Bukankah terus-menerus dalam kondisi marah hanya akan menghilangkan perasaan bahagia?

Jika kita ingin memiliki kehidupan yang bahagia dalam membesarkan dan mendidik anak-anak , sebaiknya sedari dini kita mulai belajar mengontrol emosi terutama rasa marah dalam menghadapi sesuatu. Ada beberapa hal yang biasanya memancing rasa amarah yang meledak kepada anak dan berikut bagaimana cara mengatasi marah tersebut:

Anak tak patuh tidak berarti membangkang

Ayah, Bunda, seringkali ketidakpatuhan anak terhadap orangtua menjadi alasan klasik kita menjadi marah kepada mereka? Kita menganggap bahwa sikap ketidakpatuhan mereka merupakan penghinaan yang sangat menyinggung harga diri kita sebagai orangtua dan sering diartikan sebagai sikap membangkang.

Sebagai orangtua, kita seringnya juga lupa bahwa mereka hanyalah anak-anak yang secara alamiah selalu menginginkan orangtua mereka bangga dan senang terhadap apa yang mereka lakukan, hanya saja mereka tidak mengetahui bagimana caranya.

Jika suatu hari Anda merasa marah yang makin memuncak karena perilaku anak yang dianggap tidak sesuai dengan keinginan, sebaiknya Anda berdiam diri sejenak dan memikirkan kembali sebab kemarahan Anda. Apakah rasa marah Anda hanya karena mereka tidak melakukan perintah yang diberikan atau malah ada faktor lain yang berasal dari luar? Cara mengatasi rasa marah kepada anak dapat dilakukan dengan cara menenangkan diri, konsisten dalam bersikap, disiplin serta berlatih sabar dalam menghadapi sesuatu.

Anak tidak sesuai harapan

Seringnya orangtua menuntut anak-anaknya agar menjadi seseorang sesuai dengan keinginan dan harapan orangtuanya. Anak diberikan standard tinggi sehingga ketika mereka tidak mampu mencapainya, rasa amarah muncul dan menjadi alasan pelampiasan.

Sadarkah bahwa anak bukanlah diri kita? Mereka tumbuh dan berkembang sesuai dengan kemampuannya yang berbeda-beda pada setiap anak. Rasa amarah tidak akan menyelesaikan masalah, justru anak hanya akan merasa tersakiti begitu juga dengan kita sebagai orangtua.

Jenuh dan bosan

Menjadi orangtua terutama seorang ibu, tentu membutuhkan banyak pengorbanan, salah satunya karir. Pengorbanan tersebut kadangkala mengubah seseorang menjadi lebih mementingkan orang lain dibanding diri sendiri, sehingga akhirnya kondisi ini menimbulkan rasa jenuh terhadap keadaan dan menekan kondisi jiwa seseorang.

Untuk mengatasi perasaan jenuh ini, memerlukan adanya refsehing, agar Bunda bisa sejenak beristirahat dari rutinitas harian yang menguras tenaga juga pikiran. Me time adalah salah satu cara mengatasi marah pada anak yang bisa Anda jadwalkan setiap seminggu sekali. Hal ini sangat bermanfaat untuk mengembalikan stamina dan kondisi jiwa seseorang dalam menghadapi anak-anak beserta aktivitas kesehariannya.

Anak lepas kendali

Kebanyakan tingkah laku anak-anak merupakan hasil dari pola asuh orangtuanya. Memang tidak semua, tapi secara tidak disadari hal ini bisa terjadi dari pilihan bagaimana Anda mengasuh mereka. Terlalu lalai, terlalu ketat bahkan tidak konsisten dalam menjalankan sebuah prinsip pola asuh bisa menyebabkan mereka menjadi di luar kendali. Hal ini memang wajar terjadi, karena mereka memiliki keinginan dan inisiatif dalam menjalani kehidupannya.

Agar anak-anak tidak menjadi lepas kendali, menerapkan kedisiplinan adalah solusi terbaik untuk mengembalikan situasi berkeluarga yang kondusif. Mendiskusikan harapan Anda terhadap anak-anak dan melakukan evaluasi pada setiap tindakan akan membuat mereka merasa dihargai. Rumah haruslah menjadi tempat yang menyenangkan bagi anak-anak, dan hal ini dimulai dari orang-orang yang menempati rumah tersebut.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE