Cara Mengatasi Masalah Sulit Tidur Di Malam Hari

insomniaHidup di perkotaan, seringkali membuat waktu yang dihabiskan di luar lebih banyak dibanding waktu istirahat di rumah. Jalanan lalu lintas yang super padat seringnya membuat waktu pulang molor lebih lama dari yang diperkirakan, alhasil kualitas tidur di malam haripun menjadi terganggu.

Insomnia dan masalah tidur lainnya seringkali dialami oleh mereka yang sibuk dengan pekerjaan di kantor dan terlalu lama menghabiskan waktu di luar rumah. Pulang malam dan berangkat pagi-pagi sekali agar tidak mengalami macet seringkali dilakoni tanpa memikirkan dampak buruknya. Kebiasaan ini seringkali memicu seseorang untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik karena merasa sulit tidur. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi masalah susah tidur, namun jika Anda mengalaminya, ikuti tips agar tidak susah tidur di malam hari berikut ini untuk mendapatkan kulitas tidur yang maksimal tanpa obat-obatan.

1. Buat jadwal tidur teratur. Dengan mengatur jam dan waktu tidur yang sama setiap harinya, maka tubuh akan ikut terprogram dengan sendirinya mengikuti kebiasaan yang telah Anda terapkan. Program ini akan membantu tubuh untuk tidur lebih baik.

2. Buat lingkungan tidur yang baik. Jaga selalu kamar tidur dalam keadaan setenang dan segelap mungkin. Suhu kamar tidak boleh terlalu dingin atau panas. Temperatur, pencahayaan dan suara sebaiknya dikontrol sehingga lingkungan tempat tidur dapat membantu Anda untuk mudah terlelap dan tidak terjaga pada dini hari.

3. Pastikan tempat tidur nyaman. Susah tidur biasanya terjadi karena faktor tempat tidur yang terlalu lembut atau terlalu keras, atau bahkan ukurannya yang terlalu kecil.

4. Olahraga teratur. Berolahraga ringan seperti renang atau berjalan santai dapat membantu tubuh lebih rileks sehingga dapat membantu tidur lebih berkualitas.

5. Kurangi konsumsu kafein. Sebaiknya hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi, terutama pada malam hari. Efek kafein dapat bertahan hingga 24 jam dan dapat menganggu proses tidur serta mencegah tidur dalam. Minumlah susu hangat sebagai gantinya.

6. Jangan makan atau minum alkohol berlebihan pada malam hari. Alkohol dapat mengganggu tidur pada dini hari dan tentunya akan mengganggu kualitas tidur Anda.

7. Hindari merokok. Perokok aktif biasanya mengalami lebih sulit tidur ketimbang yang tidak merokok, mereka lebih sering terbangun di malam hari dan tidurnya sering mengalami gangguan. Agar kulitas tidur semakin baik, hindari dan berhentilah merokok.

8. Rileks sebelum tidur. Mandi dengan air hangat, mendengarkan musik yang pelan, melakukan yoga hingga hal paling sederhana yakni menghela nafas dalam-dalam selama 4 detik, menahannya selama 3 detik lalu mengeluarkannya melalui mulut dalam hitungan ke-8 detik selama 3 kali sebelum tidur akan membantu pikiran dan tubuh menjadi rileks. Biasakan untuk melakukan hal ini setiap hari selama 3x menjelang tidur.

9. Buat daftar hal-hal yang harus dilakukan esok harinya. Luangkan waktu sebelum tidur untuk menulis hal-hal yang harus dilakukan pada pagi harinya untuk mencegah Anda melakukannya di tempat tidur sehingga tidak dapat tidur.

10. Bila susah tidur, jangan bertahan di tempat tidur. Bangun dan lakukan aktivitas yang membuat santai hingga Anda merasa mengantuk kembali.

Dalam beberapa penelitian, pikiran menuntun tubuh Anda untuk merasakan sesuatu. Jika Anda merasa sulit tidur setiap hari, lakukan aktifitas rileks tubuh dengan teknik nafas 4-7-8 seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Dengan mengontrol pikiran, maka tubuh pun akan ikut terkontrol dengan sendirinya.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE