Cara Mengatasi Mata Minus Pada Anak

November 8th, 2017

Mata minus pada anak kini sudah bukan hal baru. Ada banyaj faktor yang mempengaruhi anak mengalami mata minus. Salah satu diantaranya ialah ketergantungan gadget. Tak sulit menemukan anak-anak yang pandai bermain gadget di masa kini.

Mengatasi Mata Minus Pada Anak

Perhatian mata terhadap suatu objek tertentu dengan jangka panjang dapat mempengaruhi penglihatan. Oleb sebab itu, bunda wajib memperhatikan kebiasaan anak yang dirasa memiliki dampak buruk bagi mata.

Berikut cara mengatasi mata minus pada anak.

1. Konsumsi makanan penutrisi mata

Kesehatan mata sangat ditentukan oleh asupan nutrisi yang dikonsumsi. Mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, beta karoten, vitamin E dan zinc membantu kerja mata semakin baik.

Makanan yang mengandung nutrisi yang baik untuk mata diantaranya wortel, ikan salmon, daun selada, telur dan lain-lain. Bumda, dapat memberikan makanan tersebut secara rutin kepada anak-anak yang memgalami mata minus maupun tidak.

2. Lepas Kacamata Bila Tak Diperlukan

Penderita mata minus akan disarankan dokter untuk memakai kacamata, tak terkecuali anak-anak. Memakai kacamata dengan lensa minus tertentu akan membanty mata mengatur tingkat kefokusan pada jarak tertentu dari objek.

Namun, akan lebih baik jika tak terlalu sering menggunakan kacamata. Kacamata akan membuat si pemakai ketergantungan dan membuat bola mata menjadi kaku

3. Mengganti Objek Pandangan Sesering Mungkin

Jika anak-anak sudah terlalu asyik dengan suatu objek, mereka cenderung fokus dan jarang mengalihkan. Terlebih jika anak sudah menatap komputer, TV atau gadget.

Ajaklah anak-anak untuk mengalihkan pandangan dari komputer, TV dan gadget sesering mungkin. Terlalu lama menatap layar elektronik akan mengakibatkan mata bekerja keras menerima cahaya yang terpancar dari layar elektronik.

4. Menatap Objek yang Jauh Dan Berwarna Hijau

Objek berwarna hijau memiliki nilai positif untuk mata. Tanaman hijau dapat memberikan ransangan pada mata sehingga mata menjadi rileks dan tidak tegang.

Seringlah mengajak anak untuk pergu wisata alam terbuka yang memiliki pemandangan banyak pohon.

5. Memberi Jeda/Istirahat Pada Mata

Anak berusia sekolah biasanya akan sering melakukan berbagai aktivitas yang terkadang menuntut mata terus bekerja. Seperti membaca buku, menulis, atau menatap komputer.

Untuk menghindari mata minus, bunda wajib mengajarkan pada anak untuk mengistirahatkan mata 15 menit per jamnya. Memberi jeda istirahat dan mengalihkan pandangan ke objek yang jauh dapat merilekskan mata

Hal diatas tidak hanya berlaku untuk anak yang mengalami minus mata saja. Anak-anak lain yang tidak mengalami gangguan mata dapat melakukan hal diatas sebagai bentuj pencegahan mata minus. Dan bunda, lebih baik mengontrol anak ketika sudah dikenalkan dengan gadget.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...