Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

November 9th, 2017

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi belajar berhitung sangat penting bagi anak karena berhitung adalah kemampuan dasar yang harus si kecil ketahui. Bunda bisa mengajari si kecil pelajaran berhitung sama seperti ketika mengajarinya membaca dan menulis sehingga anak bisa belajar berhitung dengan benar.

cara mengajari anak menghitung

Dikutip dari theAsianparent, berikut ini cara jitu agar anak bisa belajar berhitung dengan baik;

1. Kenalkan dan kuatkan pondasi dari konsep berhitung

Untuk menghindari kasus anak menghapal dibanding mengetahui dan memahami konsep berhitung, maka ajarkan anak berhitung sejak dini. Menurut seorang co-founder dan Head of Curriculum Seriosly Addictive Mathematics bernama Chua Chin Loong yang dikutip dari web theAsianparent, menghapal ataupun system mengingat justru akan menimbulkan masalah pada anak kelak.

Bunda bisa mengajarkan anak konsep berhitung dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya menghitung jumlah kancing baju anak, menghitung jumlah mobil yang ada di parkiran, menghitung jari-jarinya saat mandi atau keadaan sehari-hari lainnya. Buatlah pelajaran menghitung menjadi sesuatu yang seru dan menyenangkan.

2. Gunakan contoh yang konkrit dan pasti

Lebih baik untuk memberikan contoh nyata tentang objek benda kepada si kecil sesuai jumlah yang diinginkannya daripada hanya mengajarinya menulis dan menunjukkan angka-angka pada si kecil. Contohnya ketika Buingin memberikan contoh perhitungan satu ditambah dua, maka gunakanlah tiga buah jeruk atau tiga buah mainan anak, serta benda-benda lain yang familiar untuk anak.

Caranya ambil dua buah jeruk dulu, biarkan anak menghitung dulu berapa jumlah jeruk tadi. Setelah itu tambah satu jeruk lagi sehingga terbentuklah pertambahan dua jeruk dengan satu jeruk sama dengan tiga jeruk. Sehingga pelajran menghitung lebih mudah dan si kecil lebih mengenal konsep berhitung.

3. Buat progress berkala

Bila anak sudah mengenal penjumlahan, maka ajari anak untuk mengenal pengurangan. Konsepnya pun sama dengan mengajari anak tentang penjumlahan seperti di atas yaitu dengan menggunakan benda-benda di sekitar si kecil. Misalnya saja ingin membentuk pengurangan tiga dikurangi satu maka gunakanlah tiga buah jeruk atau benda lain yang familiar untuk anak.

Letakkan tiga buah jeruk tadi. Perbedaannya adalah Bunda bisa menuliskan angka tiga pada selembar kertas untuk bertujuan agar si anak juga mengenal angka dan symbol pengurangan. Jadi ada sebuah progresss baru.

Kemudian ambil satu jeruk dari tiga jeruk tadi dan menuliskan angka dan symbol dikurangi satu. Biarkan anak untuk menghitung hasilnya. Setelah anak memberi jawaban berapa hasil dari pengurangan tersebut, Bunda bisa menuliskan sama dengan dua pada selembar kertas tadi.

4. Hindari memaksa anak belajar berhitung dengan cepat

Karena yang cepat belum tentu tepat, maka jangan terlalu terburu-buru dalam mengajari anak konsep berhitung dengan baik. Bunda harus menyelaraskan tahap perkembangan dengan tahap belajarnya.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...