Cara Tepat dan Efektif Mengobati Cacar Air Pada Anak

Cacar air adalah penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus Varicella. Virus ini menyebar melalui udara ataupun bersentuhan fisik dengan penderita cacar air. Nyatanya, cacar air lebih tinggi diderita oleh anak-anak.

cacar air pada anak

Cacar air menyerang ketika ketahanan tubuh melemah atau kondisi badan yang sedang tidak fit.

Tahapan Cacar Air Menyerang Bayi dan Anak

Virus cacar air memerlukan waktu inkubasi selama 2 hingga 3 minggu. Gejala awalnya, anak akan demam, pilek, cepat merasa lelah, lesu dan lemah.

Tahapan Perkembangan Virus Cacar Air

Tahap selanjutnya, badan anak akan merasa nyeri sendi, sakit kepala, dan pusing. Barulah beberapa hari kemudian timbul bercak merah kecil pada kulit.

Jika anak-anak tak segera diobati, bercak kemerahan pada kulit akab berubah menjadi bulatan kecil berisi cairan. Apabila tak sengaja digaruk karena gatal, bercak tersebut akan membekas kehitaman.

Pencegahan Penyakit Cacar Air

1. Dengan Imunisasi Vaksin Cacar Air

Imunisasi ini akan diberikan kepada anak ketika berusia 12 bulan. Imunisasi ini juga dianjurkan pada anak diusia 12 tahun keatas.

2. Menghindari Sumber Penularan

Dengan menghindari sumber penularan, akan merendahkan resiko terkena penyakit cacar air. Meski dalam keluarga ada yang terkena cacar air, lebih baik menjauh dan tidak melakukan kontak fisik terlebih dahulu.

3. Menjaga Kebersihan Badan, Pakaian, Dan Lingkungan

Sama halnya dengan penyakit yang ditularkan lewat udara, Anda wajib menjaga kebersihan tubuh, pakaian dan lingkungan di sekitar anak. Hal ini dapat menurunkan resiko terkena penyakit cacar air ataupun penyakit lainnya.

Pengobatan Penyakit Cacar Air Pada Bayi dan Anak

Cacar air sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Tetapi penyakit ini juga dapat dihentikan dengan obat acyclovir berupa table serta salep yang mengandung acyclovir.

Dan ketika proses penyembuhan bekas luka agar cepat kering, lakukan cara berikut:

1. Banyak minum air

2. Mengkonsumsi vitamin C

3. Mengkonsumsi vitamin E

4. Menggunakan lotion yang mengandung pelembab ekstra ketika luka sudah benar-benar sembuh.

Apakah anak terkena cacar air tidak boleh mandi?

Tentu saja boleh mandi, akan tetapi lebih baik tidak terlalu keras menggosok tubuh dengan handuk. Jika terlalu keras, cacar air akan meletus dan mengeluarkan cairan bening dan pasti akan terasa perih.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE