Cegah Sakit Dengan Cuci Tangan

cara cuci tangan yang baik dan benar, cegah flu, cegah sakit dengan cuci tangan, manfaat cuci tangan, tips sehatApakah anak Anda mencuci tangan secara teratur?

Mencegah lebih baik daripada mengobati, mencuci tangan secara teratur merupakan kebiasaan baik yang dapat mencegah anak jatuh sakit. Salah satu penyebab paling umum dari flu adalah kontak secara langsung atau tak langsung dengan orang lain yang memiliki virus flu, dan kemudian mereka menggosok hidung atau mata mereka tanpa mencuci tangannya.

Selain penyakit ringat seperti flu, penyakit serius lainnya seperti penyakit kuning, meningitis dan diare juga menyebar dengan cara ini. Anda dapat mencegah penyakit-penyakit yang fatal hanya dengan lebih sering mencuci tangan.

Kapan sebaiknya anak mencuci tangannya? Ingatkan anak untuk tetap menjaga kebersihan tangannya setiap kali menghadapi kontak pada benda yang terkontaminasi, orang sakit dan juga binatang. Biasanya ketiganya membawa kuman atau virus. Kuman lalu akan berkembang biak di tangan dan di bawah kuku, dan saat anak menyentuh mata, hidung atau mulut, kuman ini menemukan jalan mereka ke dalam tubuh anak dan mulai menginfeksi.

Cucilah tangan sesering mungkin, terutama:
• Sebelum makan
• Setelah makan
• Sebelum memasak
• Setelah pulang dari tamasya
• Setelah menyentuh binatang peliharaan

Jika terdapat seseorang di rumah yang tidak enak badan, maka disarankan untuk mencuci tangan lebih sering.

Bagaimana cara mencuci tangan yang baik?
• Pertama, basahi tangan Anda dan kemudian gunakan sabun. Hal terbaik adalah dengan menggunakan sabun antiseptic yang berbentuk cair.
• Pastikan Anda menerapkan sabun ke seluruh tangan, hingga pergelangan tangan. Kita cenderung mengabaikan kuku ketika kita mencuci tangan. Ingat! Terapkan juga sabun di bawah kuku.
• Gosok tangan bersama-sama selama setidaknya 10 sampai 15 detik. Tidak ada gunanya mencuci tangan dengan cara yang serampangan, karena jika beberapa kuman tetap menempel, mereka akan berkembang biak dalam waktu singkat.
• Bilas tangan Anda secara menyeluruh, dan keringkan dengan baik. Akan lebih hygienis bila menggunakan tissue dibanding handuk biasa, jika menggunakan tissue maka dapat Anda langsung membuangnya setelah digunakan. Atau, ganti handuk secara berkala agar tetap bersih.