Cek Usia Bahan Makanan, Sampai Kapan Bisa disimpan?

usia bahan makanan, tanggal kadaluarsa, best buy, expired
via Reader’s Digest

Dipagi hari ketika anda membuka lemari es, kemudian memeriksa apakah ada tanda-tanda membusuk atau tidak dan jika tidak ada maka Anda bertaanya, “Sayang? Apakah tercium bau busuk?” Namun, metode ini bukan metode yang disarankan untuk memeriksa kesegaran suatu makanan yang tersimpan lama di lemari es. Cara yang terbaik adalah dengan memeriksa sistem label kadaluarsa atau yang tercetak dalam kemasan makanan. Seringkali terlihat secara kasat mata masih bagus namun pasti akan muncul keraguan dalam pikiran kita “Hmm, sepertinya masih bagus ya”, tapi apakah bahan makanan yang Anda simpan masih layak pakai atau tidak?

Memiliki stok bahan makanan seperti tepung, gula, cokelat dan selai tentunya tidak masalah. Namun yang perlu kita perhatikan dan hati-hati dalam mengetahui tanda masa kadaluarsa dari bahan-bahan mentah tersebut agar tidak menjadi sumber penyakit. Perlu dilakukan pemeriksaan terhadap lemari dapur Anda, adakah bahan makanan yang sudah kadaluwarsa? Semisal Tepung bila belum dibuka dapat bertahan hingga 12 bulan, namun bila sudah dibuka hanya bertahan sekitar 6 hingga 8 bulan. Kemudian Gula bila belum dibuka maka dapat bertahan hingga dua tahun. Gula tidak dapat membusuk, namun akan berubah rasa dan warna jika sudah kadaluwarsa. Selain dari dua bahan sebelumnya ada juga Gula merah yang dapat bertahan hingga 4 bulan jika berada dalam kemasan tertutup, diikuti oleh Cokelat Bubuk yang mempunyai daya tahan tidak terbatas selama tidak dibuka dari kemasannya.

Jika kita berbicara tentang usia bahan makanan maka kita akan mengenal istilah “Expiration Date” atau “Tanggal Kadaluarsa” yang menjadi acuan kepada tanggal terakhir makanan dapat dimakan atau digunakan, ketika kita memaksakan untuk menggunakan bahan makanan yang sudah lewat tanggal kadaluarsa maka akan beresiko terhadap kesehatan yang memakannya. Sebenarnya masih ada istilah-istilah lain yang digunakan dalam menginformasikan tanggal batas akhir sebuah produk makanan dapat digunakan, diantaranya:

Istilah “Sell Before Date” atau “Jual Sebelum Tanggal” yaitu informasi produk dari produsen kepada penjual yang pada dasarnya memberikan informasi batas akhir sebuah produk dapat disimpan dilemari pajang toko penjual, jika sudah melewati tanggal yang sudah ditentukan maka toko harus menarik barang tersebut dari lemari pajang, namun sayangnya istilah ini belum banyak diketahui oleh konsumen, kemudian “Guaranteed Fresh Date” atau “Dijamin Segar hingga Tanggal” biasanya mengacu kepada makanan jenis bakery, yaitu batas makanan masih dapat dikonsumsi dengan kesegaran tertinggi namun jika lebih dari tanggal tersebut masih dapat dimakan tetapi kurang segar.

“Use before date” atau “Gunakan sebelum Tanggal” merupakan batas akhir yang direkomendasikan penggunaan barang yang sudah lewat dari kwalitas puncak. Jika produk konsumsi digunakan setelah lewat dari tanggal tersebut maka akan berakibat buruk bagi kesehatan. Banyak istilah yang digunakan dalam menentukan sebuah bahan makanan masih dapat digunakan atau tidak dalam ilmu logistik, serta ilmu tersebut sebaiknya diketahui oleh para konsumen.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE