Cerdas Menggunakan Teknologi dengan Aplikasi iJakarta Milik Pemprov Jakarta

March 20th, 2018

Teknologi hadir untuk membantu manusia menjadi pribadi yang lebih baik. Oleh karena itu, pemanfaatannya harus dilakukan secara positif. Oleh karena itu, orang tua berperan besar dalam mengajak anak dalam memanfaatkan teknologi secara positif.

Terkait pemanfaatan teknologi ini, Pemerintah Provinsi Jakarta punya produk yang menarik. Produk tersebut merupakan sebuah aplikasi bernama iJakarta. Aplikasi ini adalah hasil kreasi antara Pemprov Jakarta bersama dengan Aksaramaya.

aplikasi my pustaka ijakarta

Mengakses Perpustakaan Digital Lewat iJakarta

Apa itu aplikasi iJakarta? Aplikasi ini tidak lain adalah sebuah program perpustakaan digital yang memiliki beragam koleksi buku digital. Seperti halnya perpustakaan fisik, iJakarta yang merupakan bagian dari aplikasi iJakarta memiliki koleksi buku yang dapat dibaca oleh para penggunanya.

Perpustakaan digital iJakarta ini sebenarnya telah diluncurkan sejak tahun 2015. Meski namanya kurang begitu populer, namun jumlah penggunaan aplikasi ini ternyata sangat bagus. Hal itu terkuak dalam statistik tahun 2018 yang baru saja mereka rilis.

Total, iJakarta saat ini memiliki sebanyak 1.086 ePustaka dengan jumlah pengguna mencapai lebih dari 106 ribu orang. Selain itu, telah ada sebanyak 14.389 judul buku dari 16 penerbit yang bisa dibaca di aplikasi ini. Angka pengunduhannya juga tinggi, mencapai lebih dari 195 ribu kali.

iJakarta untuk Meningkatkan Minat Baca Anak

Dengan kemudahan yang diberikannya, aplikasi iJakarta yang ada di bagian iJakarta ini sangat cocok diinstal pada perangkat smartphone. Apalagi, aplikasi ini bisa digunakan baik pada perangkat Android ataupun iPhone. Desain aplikasi ini juga memberi kenyamanan dalam aktivitas membaca.

Bagi para pengguna smartphone Android, perlu memperhatikan spesifikasi ponsel yang digunakan. Untuk memakai aplikasi iJakarta yang telah dilengkapi dengan fitur My Pustaka ini, ponsel harus menggunakan sistem operasi Android 4.0 atau versi lebih baru. Selain itu, kapasitas RAM-nya minimal adalah 1GB.

Cara mengunduh aplikasi ini juga sangat mudah. Bunda bisa secara langsung menuju halaman resmi iJakarta.id dan secara langsung mengunduh aplikasi ini secara gratis. Selanjutnya, bunda dapat saling berbagi pengetahuan dengan si kecil dan menumbuhkan rasa ingin tahu dan minat baca mereka.

Komentar

BACA JUGA