Cupcake, Disuka Karena Bisa Dibentuk Apa Saja

cupcakePasti Anda sudah familiar dengan cupcake. Beberapa tahun terakhir, kue ini memang dikenal masyarakat, salah satunya karena cupcake biasanya dijadikan kue alternatif ulang tahun, kue tart dianggap terlalu mainstream, apalagi kue cupcake ini bisa dibentuk apa saja sesuai keinginan kita.

Ada yang menyebut bahwa cupcake mirip dengan muffins, namun sebenarnya cupcake dan muffin adalah kue yang berbeda. Cara membuat cupcake lebih rumit dari muffin, karena dalam membuat cupcake harus memasukkan bahan satu persatu sesuai urutannya.

Cupcake sendiri mulai dikenal di Amerika pada abad ke-19. Cupcake berasal dari kata cup (mangkok) dan cake (kue), artinya kue ini biasanya dibentuk dengan ukuran mangkok ini, bahan-bahan yang digunakan juga ditakar dalam ukuran cup, bukan ditimbang seperti kebanyakan kue.

Saat ini cupcake cukup dikenal, tidak dapat dipungkiri hal ini karena kue ini bisa dibentuk apa saja, dari mulai variasi, bentuk, komposisi, ukuran dan dekorasi. Tentu Anda sering menemukan berbagai bentuk cupcake yang variatif, lucu dan kreatif, Anda pasti sayang untuk memakannya.

Cupcake biasanya juga dihiasi dengan berbagai topping, seperti krim, meses, kacang, gula, cokelat atau bahan lainnya. Atau kadang sejak awal cupcake sudah dibentuk sedemikian rupa hingga menyerupai huruf, angka atau dibentuk dengan mirip figur. Tentu Anda sudah terbayang cupcake berbentuk seperi hello kitty, doraemon atau berbentuk huruf yang disusun hingga membentuk nama bukan? Nah itulah kelebihan cupcake itu sendiri.

Anda pun sekarang bisa lho membuat cupcake sendiri. Kami akan memberikan resep umum cupcake, jika Anda sudah pandai dalam membuatnya, mungkin nantinya Anda bisa memuat berbagai bentuk dan variasinya.

Siapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Gula Pasir sebanyak 100 gram
  • Margarin sebanyak 100 gram
  • Cokelat masak pekat sebanyak 75 gram
  • Tepung terigu sebanyak 75 gram
  • Cake Emulsifier sebanyak 1/2 sendok teh
  • Bakin Powder sebanyak 1/2 sendok makan
  • Susu bubuk sebanyak 1/2 sendok makan
  • Telur sebanyak 3 butir

Berikut ini adalah cara membuatnya

  1. Lelehkan 100 gram margarin yang sudah disiapkan
  2. Lelehkan juga 75 gram cokelat pekat
  3. Kocoklah telur, campurkan gula pasir dan cake emulsifier hingga adonan putih dan mengembang
  4. Campurkan tepung terigu, susu bubuk dan baking powder, ayak ketiga bahan ini sambil diaduk hingga merata dalam adonan tadi.
  5. Margarin dan cokelat pekat yang sudah dilelehkan tadi campurkan ke dalam adonan, aduk hingga merata.
  6. Siapkan paper cup sebagai tempat adonan.
  7. Masukkan adonan ke dalam paper cup hingga 3/4 penuh
  8. Kukus adonan tersebut selama kurang lebih 15 menit hingga matang
  9. Angkat cupcake yang sudah matang
  10. Cupcake siap dihias sesuai selera Anda, sebaiknya Anda menghias cupcake saat keadaan dingin.

Untuk menghias cupcake, sebagai pemula sebaiknya tidak perlu rumit. Yang perlu Anda siapkan adalah butter cream dan hiasan choco chios, meses, buah cherry, atau bahan lainnya sesuai selera Anda.

Hias cupcake dengan butter cream secara melingkar atau bentuk bunga-bunga, tentu ini juga membutuhkan cetakan tersendiri. Sebelumnya Anda sebaiknya menyiapkan konsep dalam menghias cupcake ini.

Untuk menyimpan kue cupcake ini tentu bergantung dengan hiasan (topping), jika cream harus masuk ke kulkas dulu kemudian dikemas dengan wadah tertutup. Selamat berkreasi!

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE