Dahsyatnya Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil

avocadoJus adalah minuman dari buah-buahan yang diblender dan diberi pemanis tambahan dan es. Jus sehat sangat segar, terutama diminum ketika siang hari. Jus bisa kita dapatkan dengan mudah, harganya pun cukup murah, mulai dari Rp 3000 hingga puluhan ribu rupiah.

Beberapa buah yang sering dijadikan jus antara lain adalah jeruk, strawberry, sirsak, mangga, alpukat, semangka, apel, melon dan lainnya. Hampir semua buah kini bisa disajikan dengan segar dan menggoda. Satu buah yang paling banyak disukai ketika dibuat jus adalah buah alpukat.

Penyajian buah alpukat pun diracik sedemikian rupa sehingga lebih menggoda, biasanya dalam gelas atau wadah sudah diberi susu kental manis cokelat, ini tentu akan menyatu dengan rasa alpukat yang segar menghilangkan dahaga.

Bicara mengenai jus alpukat, ternyata mempunyai manfaat yang baik, terutama untuk ibu hamil. Benarkah? Pada artikel ini, buahatiku.com akan membahas tentang manfaat jus alpukat sendiri sebagai resep jus sehat.

Tentu sebelum kita membahas lebih dalam tentang jus alpukat, kita sendiri akan terfokus pada bahan dasarnya sendiri yakni buah alpukat. Buah alpukat ini sendiri diyakini mengandung banyak nutrisi di dalamnya, seperti karbohidrat, lemak, serat diet dan banyak lagi kandungan gizi.

Alpukat memiliki nama lain Apokat, Avokad atau Avocado, Buah yang memiliki nama latin Persea americana ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah. Tumbuhan ini cocok di daerah tropis, sehingga bisa dengan mudah ditemukan termasuk di Indonesia itu sendiri.

Alpukat memiliki kalium yang lebih tinggi dari pisang, buah ini kaya akan vitamin, B, E dan K. Karena kandungan gizi di dalamnya, Alpukat pun diyakini bisa menurunkan berat badan, mencegah penyakit strolke, mengobati maag, menurunkan kolesterol, mencegah anemia dan serangan jantung, hingga pengobatan batu ginjal.

Bagaimana untuk ibu Hamil?

Kandungan jus alpukat yang memiliki kandungan lemak, minyak, dan kalori tinggi ternyata bisa berguna untuk menjaga stamina para ibu hamil yang beraktivitas. Minum jus alpukat juga bisa menjaga kelenturan otot persendian dan mengurangi kadar kolesterol.

Alpukat adalah satu-satunya buah yang mengandung asam lemak tak jenuh tunggal, fungsinya adalah untuk energi dan kesehatan ibu hamil. Tentu untuk menjaga kehamilan seorang ibu hamil memerlukan banyak energi tambahan dalam segala aktivitasnya.

Penelitian lain juga membuktikan bahwa Alpukat juga mengandung asam Folat dan lemak yang tinggi, bahkan kandunngan lemaknya mencapai 20-30 kali lipat dari kandungan lemak yang dimiliki buah lain. Lemak yang dimiliki alpukat ini adalah lemak tak jenuh tunggal yang justru menurunkan jumlah kolesterol LDL dan menaikkan kolesterol HDL.

Pada penelitian lain, diketahui fakta bahwa pada 6 bulan awal kehamilan merupakan masa pembentukan janin dan sistem saraf, termasuk otak dan sumsum tulang belakang. Jadi sangat disarankan ibu hamil untuk mengkonsumsi asupan gizi ibu hamil yang cukup. Kekurangan asam folat ini akan mempengaruhi pembentukan fungsi otak, sum-sum tulang belakang, ditakutkan bayi yang lahir nanti bisa jadi cacat. Jika asam folat, dimungkinkan juga akan mengambil dari cadangan nutrisi ibu hamil, tentu ini akan berdampak pada si ibu hamil, akibatnya ibu hamil akan susah tidur, anemia, letih, lemas dan cepat lupa.

Hal tersebut diatas merupakan manfaat alpukat untuk ibu hamil selain makanan dan minuman untuk ibu hamil merupakan tips sehat ibu hamil, makanan yang sehat untuk ibu hamil bisa didapat dari vitamin ibu hamil atau buah buahan untuk ibu hamil dan menu sehat ibu hamil, ada hal lain juga yang perlu diperhatikan yaitu pantangan makanan ibu hamil muda dan beberapa tips ibu hamil lain supaya hamil sehat.

Nah, itulah manfaat mengenai buah alpukat atau jus alpukat sendiri. Bagi yang kurang suka dengan makan buah alpukat langsung, bisa diolah menjadi jus alpukat yang lebih menyegarkan bukan? Yuk, bagi ibu hamil, mulai sekarang biasakan makan makanan dan minuman dengan asupan gizi yang baik demi kesehatan buah hati kita nanti.

 

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE