Dampak Berbahaya Kalau Bunda Sering Memaksa Anak Makan

April 16th, 2018

Menjaga kesehatan serta asupan nutrisi untuk anak memang sangat penting. Tak heran, kalau setiap orang tua ingin agar anaknya makan dengan teratur. Bahkan, tak jarang ada orang tua yang sampai harus memaksa si kecil untuk menyantap makanan ketika sudah masuk waktunya jam makan.

Nah, kalau bunda adalah tipe orang tua yang sering melakukan hal ini, sebaiknya harus mulai dikurangi ya. Bahkan, kalau perlu dihentikan. Bunda perlu tahu, memaksa anak untuk makan adalah tindakan yang bisa berdampak buruk pada tumbuh kembang si kecil.

dampak memaksa anak makan

Ada beberapa dampak berbahaya yang bisa muncul akibat kebiasaan ini, di antaranya adalah:

1. Anak menjadi tertekan dan trauma

Ketika bunda sering memaksa anak untuk makan, maka secara tidak langsung bunda terbiasa mengancam dan memaksa anak. Hasilnya, anak bisa jadi mengalami trauma dan merasa hidupnya tertekan. Alih-alih sehat, hasilnya malah berbalik 180 derajat.

2. Kegemukan

Kebiasaan memaksa makan pada anak juga bisa berdampak pada obesitas. Hal ini terungkap berkat penelitian yang termuat dalam jurnal New England Journal of Medicine. Anak yang terbiasa makan dengan cara dipaksa, cenderung berisiko punya masalah kegemukan ketika mereka dewasa.

3. Kehilangan nafsu makan

Anak yang terbiasa dipaksa untuk makan juga bisa membuat si kecil mengalami kehilangan nafsu makan. Hal ini biasanya terjadi sebagai tanda-tanda stres yang tengah dialami oleh si kecil. Hanya saja, dalam kondisi seperti ini, orang tua kerap bertindak sebaliknya, mereka semakin menjejalkan makanan ke mulut si kecil.

4. Bakal ditiru anak

Mendidik anak merupakan aktivitas yang dilakukan berdasarkan teladan. Kalau bunda memperlihatkan sikap yang tidak baik, anak pun akan menirunya dengan tanpa berpikir panjang. Demikian pula ketika bunda terbiasa memaksa anak makan.

Contoh kasus adalah ketika seorang bocah berusia TK yang kerap marah-marah saat keinginannya tidak dipenuhi. Bisa jadi, sifat pemarah itu merupakan tindakan yang sehari-hari dilihatnya. Salah satunya adalah ketika keinginan bunda untuk menyuapi tidak dipenuhi, dan bunda memperlihatkan kemarahan di depan anak.

5. Tidak kreatif

Memaksa anak makan juga menjadikan si kecil tumbuh menjadi pribadi yang tidak kreatif. Alih-alih mencari solusi yang lebih baik, si kecil akan memilih jalan pintas dalam menyelesaikan permasalahan. Apa itu? Dengan emosi dan pemaksaan.

Nah, dengan mengetahui dampak berbahaya dari kebiasaan memaksa makan pada si kecil, tentunya bunda harus berpikir seribu kali kalau ingin meneruskannya, kan?

Komentar

BACA JUGA