Dampak Negatif Sikap Terlalu Protektif Terhadap Anak

Maraknya berita di televisi memungkinkan orang tua untuk bersifat protektif kepada sang anak. Sikap protektif orang tua terkadang hingga mempengaruhi pertemanan sang anak dengan teman sebayanya. Walau pertemanan dapat dikontrol orang tua, namun jika selalu dilarang maka dapat berdampak buruk pada sang anak.

Salah pergaulan atau pertemanan memang membuat seseorang dapat berpindah haluan dan memberikan efek yang sangat besar. Namun, apabila si kecil dilarang untuk bergaul maka dapat berakibat buruk pada sikap dan sifat terutama mental dan sosialnya. Berikut dampak akibat orang tua melarang bergaul :

orang tua terlalu protektif

1. Anak menjadi tidak berani dengan orang yang tak dikenalnya atau orang asing

2. Anak akan menjadi takut dan was-was ketika berada di luar rumah. Hal ini dapat terjadi jika orang tua sering menceritakan tentang peculikan kepada anak-anak yang sering pulang terlambat atau orang gila yang akan mengejar-ngejar anak-anak.

3. Perkembangan motoriknya tidak seimbang. Hal ini disebabkan kurangnya kegiatan fisik yang dilakukan dengan teman-temannya.

4. anak tidak dapat menceritakan banyak hal dengan teman dan cenderung tidak dapat berbagai banyak hal dengan teman. Dan membuatnya menjadi nyaman dengan bermain sendiri

5. kesulitan berkomunikasi dengan orang lain dan cenderung menjadi pendiam jika berkumpul bersama teman-temannya.

6. Sulit bekerja dalam tim. Kurangnya sosialisasi dapat berdampak pada sulitnya anak untuk bekerjasama dalam sebuah tim.

7. Kurangnya rasa empati. Kurangnya interaksi dengan teman-temannya anak cenderung tidak peduli dengan perasaan orang lain. Dan akan membuatnya menjadi pribadi yang tak menyenangkan.

8. Kurangnya rasa percaya diri. Ia akan menjadi ragu dengan semua pendapatnya dan takut dengan reaksi orang disekelilingnya terhadap pendapatnya.

Untuk menghindari dampak buruk kurangnya pergaulan, langkah awal adalah membebaskan si anak untuk berteman dengan siapapun. Namun yang dimaksud bebas ialah kebebasan berteman dengan pendampingan dan kontrol dari orang tua. Jangan terlalu pesimis dengan pembebasan pertemanan atau pergaulan atau protektif dengan pergaulan.

Manfaat Orang Tua Melakukan Pendampingan Dalam Pergaulan

Pendampingan dalam pergaulan merupakan hal penting yang kadang diremehkan oleh orang tua. Pendampingan pertemanan dapat membuat si anak percaya bahwa orang tuanya memberi perhatian kepada mereka walau sedang tak bersama. Sering berkomunikasi dan memberi kesempatan sang anak untuk bercerita perihal apa yang terjadi padanya di hari itu beserta cerita akan teman-temannya membuat si anak senang dan kepercayaan diri yang tinggi.

Moms, sebagai orang tua Anda memiliki banyak kewajiban terhadap masalah sosial serta pendidikan anak Anda. Moms, harus menjadi bijak dengan setiap permasalahan yang terjadi pada anak anak dan memikirkan akan dampak yang akan terjadi di masa datang.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE