DIY : Cara Menjahit Pashmina Instan

Seiring dengan merebaknya tren hijabers di Indonesia, jenis kerudung juga semakin semarak, jika sebelumnya kita hanya mendapati kerudung segi empat dan kerudung instan atau bergo, maka kini pashmina menjadi salah satu pilihan pelengkap busana bagi kaum muslimah. Penyebutan pashmina lebih ditujukan pada selembar selendang. Padahal sebenarnya yang dikenakan lebih mengacu ke selendang atau kerudung persegi panjang biasa.

Pashmina sebetulnya adalah jenis benang wol kashmir. Nama Pashm atau pashmina diambil dari bahasa Persia, yaitu Pashmineh yang memiliki arti “terbuat dari wol”. Wol tersebut didapat dari changthangi atau bulu kambing Pashmina, kambing yang berasal dari dataran tinggi Himalaya di India, Nepal dan Pakistan. Benang wol kemudian di pintal manual dengan tangan, ditenun dan di bordir hingga menjadi lembaran Pashmina.

Namun apapun namanya untuk saat ini, pashmina nampak menjadi favorit bagi para muslimah terutama yang mengindahkan fashion namun tetap dapat menjaga auratnya. Penggunaan pashmina sangat mudah cukup menggunakan jarum atau peniti pada bagian dagu kemudian dapat divariasikan sesuai keinginan. Namun bila Anda menyukai sesuatu yang praktis namun tetap stylis, maka pashmina instan dapat menjadi pilihan.

Pashmina instan tidak memerlukan peniti atau jarum sama sekali, sehingga lebih aman. Saat ini banyak penjual pashmina instan yang dapat Anda temui secara offline ataupun online, namun jika Anda bisa membuatnya sendiri, kenapa tidak? Selain dapat menyesuaikan ukuran dan kain yang dinginkan juga tentunya lebih hemat. Jika sudah mahir, ini juga bisa jadi peluang usaha lho! Yuk disimak tutorialnya berikut ini.

DIY : Cara Menjahit Pashmina Instan

DIY Jahit Pashmina Instan

1. Pertama-tama siapkan kain dengan ukuran 2m x 1,5 m atau sesuai keinginan

DIY Jahit Pashmina Instan-1

2. Bagi kain menjadi 2 bagian kemudian gunting (Anda akan mendapatkan dua helai pashmina)

DIY Jahit Pashmina Instan-2

3. Neci atau jahit tepi kain kecuali di bagian yang ditandai (lihat gambar)

DIY Jahit Pashmina Instan-3

4.Jahit bagian yang ditandai dengan jahit seperti contoh

DIY Jahit Pashmina Instan-5

5.Kemudian kita tentukan ukuran panjang pashmina yang kita inginkan, pastikan satu bagian lebih panjang daripada bagian yang lain

DIY Jahit Pashmina Instan-4

6. Jahit bagian dagu hingga dada, hingga terbentuk sisa lubang untuk muka (tidak perlu dijahit)
DIY Jahit Pashmina Instan-6

Selesai.

Anda juga dapat menambahkan variasi pada pashmina instan ini dengan menambahkan kerutan pada bagian kepala atau pundak.

Selamat Mencoba!

Sumber:
-wikipedia.com
-youtube.com/fadzbiz

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE