Dodol Garut – Kuliner Khas Sunda Yang Terkenal Hingga Mancanegara Karena Kelegitannya

dodol garut, garut wisata, cara membuat laduPenganan khas yang berasal dari olahan dasar santan kelapa, tepung ketan, gula pasir, gula merah dan garam ini banyak ragam dan jenis cara pembuatannya. Tidak hanya Garut, daerah-daerah lain seperti Betawi, Subang dan daerah lain di Indonesia juga banyak yang menjadikan dodol sebagai ciri khas oleh-olehnya. Dodol Garut memang lebih terkenal dibanding dodol-dodol lainnya di Indonesia, bahkan namanya sudah melanglang buana hingga ke mancanegara.

Jika menengok kepada sejarah Garut, memang sulit untuk menemukan siapa yang pertama kali membuat penganan ini, hanya saja Dodol Garut sendiri sudah dikenal sejak jaman Belanda. Bahkan, konon banyak noni-noni Belanda yang pandai membuat dodol baik untuk dikonsumi sendiri maupun untuk dijual. Saat ini Dodol Garut menjadi salah satu sumber ekonomi terkuat bagi masyarakat Garut khususnya selain terkenal dengan tempat wisata Garut, bahkan Dodol Garut juga telah berhasil menjadi salah satu komoditas utama yang mampu mengangkat citra kabupaten dan kota Garut sebagai penghasil dodol yang berkualitas tinggi dan beraneka ragam jenisnya.

Dodol Garut sendiri banyak jenisnya, seperti dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah seperti nanas, tomat, durian, strawberry dan jenis buah lainnya. Salah satu merk dagang dodol yang paling populer dan menjadi ikon Kota Garut adalah Dodol Picnic, yang kemudian disusul dengan berkembangnya rasa dodol oleh salah satu produk bernama Chocodot (cokelat isi dodol pertama di dunia) yang dikemas lebih modern.

Menurut beberapa sumber, industri Dodol Garut mulai berkembang sejak tahun 1926 oleh seorang pengusaha bernama Ibu Karsinah yang membuat dodol dengan teknik sederhana dan dengan bahan yang mudah didapatkan, sehingga banyak orang yang mulai belajar dan memutuskan untuk menjalani usaha dodol. Alhasil, usaha Dodol Garut tidak pernah sepi dan semakin banyak ragamnya hingga saat ini. Hingga membuat panganan ini menjadi oleh oleh khas garut dan salah satu andalan kuliner Garut selain dari ketenaran tempat wisata di Garut.

Jika Anda mencari oleh-oleh Dodol Garut, saat ini sudah banyak beredar di berbagai toko oleh-oleh di setiap sudut kota seperti halnya di Kota Bandung misalnya. Anda bisa menemukannya di kawasan area Pasar Baru atau terminal Leuwi Panjang. Bahkan, saat ini warung-warung kecil yang menjajakan berbagai macam snack pun sudah banyak yang menyediakan oleh-oleh khas Garut ini. Namun demikian, Anda harus berhati-hati dengan Dodol Garut palsu karena banyak produk dodol yang mengklaim sebagai kuliner khas Kota Garut namun kualitasnya tidak sebaik yang aslinya. Anda pun bisa mampir saat melakukan perjalanan melewati kota Garut, banyak toko maupun warung yang menyajikan dodol sebagai barang dagangannya di sepanjang jalan kota Garut, terutama di pintu-pintu gerbang menuju dan keluar ke daerah lain di sekitar kota Garut.

Dodol Garut konon banyak disukai karena tektur kelenturannya atau kelegitan dari dodolnya yang berbeda dengan jenis dodol dari daerah lain, dan hal inipula yang mungkin menjadi salah satu penyebab populernya Dodol Garut di Indonesia hingga mancanegara.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE