Efek Negatif Minuman Beralkohol Bagi Perempuan

efek negatif alkohol bagi perempuan

Tahukah Anda bahwa resiko kematian akibat mengkonsumsi minuman beralkohol dua kali lebih tinggi pada perempuan jika dibandingan dengan laki-laki?

Minuman beralkohol sendiri menurut Wikipedia adalah minuman yang mengandung etanol. Etanol adalah bahan psikoaktif dan konsumsinya menyebabkan penurunan kesadaran. Di berbagai negara, penjualan minuman beralkohol dibatasi ke sejumlah kalangan saja, umumnya orang-orang yang telah melewati batas usia tertentu.

“Minuman beralkohol tidak hanya menyebabkan mabuk, akan tetapi pada tingkat tertentu dapat menyebabkan kematian. Pada tingkat kandungan 5-15 % etanol dalam darah peminum akan mengalami kehilangan koordinasi, pada tingkat 15-20 persen etanol menyebabkan keracunan, pada tingkat 30-40 persen peminum hilang kesadaran dan pada tingkat yang lebih tinggi lagi yaitu 50 persen dapat menyebabkan kematian.” (Ir Muti Arintawati MSi, auditor LP POM MUI).

Hasil rapat Komisi Fatwa MUI tahun 2001 menyimpulkan bahwa minuman keras adalah minuman yang mengandung alkohol minimal 1 % (satu persen). Anggur obat, anggur kolesom, arak obat dan minuman-minuman sejenis yang mengandung alkohol dikategorikan sebagai minuman beralkohol. Apabila suatu minuman sudah dikategorikan sebagai minuman beralkohol, berapapun kadar alkoholnya, maka statusnya haram bagi umat Islam.

Terlepas dari sisi haramnya, mengkonsumsi alkohol bagi perempuan jauh lebih beresiko negatif jika dibandingkan dengan laki-laki. Berikut ini adalah beberapa efek negatif minuman beralkohol bagi perempuan.

– Mengkonsumsi minuman beralkohol lebih dari 30 gram (0,00 liter)per hari resiko kematiannya mencapai 3,88% sementara laki-laki hanya 2,38%.

– Kadar alkohol dalam darah perempuan bisa 3 kali lebih tinggi dari laki-laki walaupun perempuan dan laki-laki tersebut memiliki berat badan sama dan mengkonsumsi minuman beralkohol dengan jumlah sama.

– Mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat organ intim wanita kering sehingga orgasme tidak maksimal. Pada masa premenopouse juga berakibat fatal seperti berhentinya siklus menstruasi sebelum waktunya.

– Perempuan cenderung lebih cepat mabuk karena kadar cairan yang lebih rendah menyebabkan konsentrasi alkohol jadi lebih tinggi dalam darah.

– Liver lebih cepat rusak saat mengonsumsi alkohol berlebihan karena konsentrasi alkohol yang lebih tinggi pada perempuan.

– Mengkonsumsi minuman beralkohol membuat daya ingat menurun drastis. Ini karena perkembangan otak perempuan lebih cepat dari laki-laki.

– Perempuan yang mengkonsumsi minuman beralkohol juga beresiko terkena penyakit jantung, kelainan janin, penyakit pada pankreas, stroke, dan yang tertinggi kanker payudara.

Sumber :
– www.Wikipedia.com
– www.rumaysho.com/812-salah-kaprah-dengan-alkohol-dan-khomr.html
– Intisari

Gambar : ias.org.uk

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE