Fakta Vs Mitos Pantangan Makanan Bagi Ibu Hamil

August 6th, 2017

Pantangan makanan bagi ibu hamil memang ada banyak. Terkadang banyak moms muda(yang baru pertama kali mengalami fase kehamilan) yang percaya terhadap “katanya”. Ibu hamil memang harus menjaga kesehatan dirinya juga si jabang bayi. Oleh sebab itu, moms yang sedang hamil tak boleh makan sembarangan yang diyakini akan menghambat tumbuh kembang bayi dalam kandungan. Berikut Fakta atau Mitos pantangan makanan bagi ibu hamil.

fakta dan mitos ibu hamil

Mitos (Yang nyatanya makanan ini baik bagi ibu hamil)

Kebanyakan mitos berasal dari perkataan orang-orang dahulu zaman kakek-nenek moms, yang menyebabkan moms jadi percaya, padahal secara medis hal itu belum tentu benar.

1. Ikan lele dan belut

Menurut mitos, memakan ikan lele dan belut saat mengandung akan membuat si bayi akan hiperaktif dan sulit ditenangkan. Faktanya, ikan lele dan belut bagus bagi kandungan mulai dari rendah kolesterol, mengandung lemak baik, kaya akan protein dan mineral serta kandungan fosfor yang tinggi yang berfungsi sebagai pembentukan tulang

2. Air Es

Banyak yang mengatakan jika mengkonsumsi air es, akan membuat bayi besar dalam kandungan. Faktanya, meminum air es tak memiliki kandungan glukosa didalamnya sehingga tak akan membuat bayi besar dalam kandungan.

3. Kepiting

Menurut orang Jawa, ibu hamil yang makan kepiting akan membuat sang bayi suka menggigit. Faktanya, kepiting memiliki kandungan protein yang tinggi asalkan moms tidak mengkonsumsi berlebihan tak akan membuat moms terkena kolesterol.

4. Nanas

Banyak yang beranggapan jika memakan buah nanas ketika sedang mengandung akan membuat keguguran. Hal ini tidaklah benar, faktanya buah nanas memiliki kandungan vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh dan juga si bayi. Namun, moms harus memilih nanas yang benar-benar matang dan tak boleh berlebihan.

Fakta (menurut medis)

Moms harus bijak sebagai ibu hamil dan wajib mengetahui makanan yang moms konsumsi. Setidaknya moms harus lebih percaya kepada medis daripada sebuah mitos.

1. Tape dan Durian

Tape merupakan makanan fermentasi yang terbuat dari singkong dengan bantuan ragi, tape mengandung bahaya alkohol yang tak dianjurkan bagi ibu hamil. Begitu pula untuk durian dimana jika ibu hamil mengkonsumsinya perut akan terasa panas dan tentu tidak baik bagi bayi dalam kandungan.

2. Makanan mentah

Makanan mentah seperti sushi didalamnya masih mengandung bakteri atau bibit penyakit yang tak mati dalam proses pemasakan. Sehingga jika makanan seperti sushi dikonsumsi akan mudah membuat si bayi terkena bibit penyakit.

3. Makanan mengandung kafein

Ibu hamil tak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein didalamnya. Jika makanan ini sampai masuk kedalam perut moms akan berakibat fatal yakni meningkatnya kinerja jantung bayi dan besar kemungkinan bayi mengalami gagal fungsi jantung.

4. Makanan dengan rasa pahit

Ada beberapa sayuran yang memiliki rasa pahit walau sudah dimasak. Makanan ini sebaiknya dihindari sebab makanan yang terasa pahit bersifat dingin yang dapat menyebabkan bayi dapat meninggal di dalam rahim. Serta makanan pahit mengandung kina dimana zat ini akan membuat rahim menyusut dan rentan mengalami keguguran.

Diatas hanya sebagian dari fakta dan mitos seputar pantangan makanan bagi ibu hamil. Sebaiknya moms yang sedang hamil banyak menggali informasi tentang makanan yang sebaiknya dikonsumsi selama kehamilan dan tidak perlu mempercayai apa yang dikatakan “katanya”.

Komentar

BACA JUGA