Film Animasi Anak Terpopuler: Upin & Ipin dan Kawan-kawan

rps20141208_133557Film animasi anak yang berjudul Upin dan Ipin tentu sangat populer di masyarakat Indonesia, termasuk mungkin anak Anda adalah salah satu penggemarnya. Film animasi ini pertama kali dirilis pada tanggal 14 September 2007 di Malaysia dan disiarkan di saluran TV9. Awalnya, film yang diproduksi oleh Les’ Copaque ini ditayangkan khusus menyambut bulan Ramadhan saja untuk mendidik anak-anak mengenai arti dan istimewanya bulan Ramadhan, namun karena keberhasilannya menarik hati penonton mendorong Les’ Copaque menerbitkan satu musim lagi dalam menyambut Ramadhan di tahun 2008. Di Indonesia, Upin & Ipin awalnya hanya ada di TVRI bersamaan dengan tayangnya Upin & Ipin di Malaysia pada tahun 2007, lalu tahun 2008 hadir di MNCTV dengan menayangkan episode kedua. Di Turki, film ini disiarkan di Hilal TV dengan durasi film 5-7 menit setiap episodenya.

Latar belakang budaya Malaysia dijadikannya sebagai kelebihan dalam film animasi Upin & Ipin ini, pihak Les’ Copaque percaya bahwa suguhan budaya lokal akan jauh lebih menarik minat masyarakat untuk menontonnya dibanding muatan budaya Internasional seperti layaknya Doraemon yang selalu menonjolkan unsur budaya Jepangnya.

Upin & Ipin diceritakan sebagai sepasang anak kembar, kakak beradik berusia belia yang tinggal bersama kakak perempuannya (Kak Ros) dan neneknya Mak Uda (biasa dipanggil Opah) di sebuah kampung bernama Kampung Durian Runtuh. Mereka berdua bersekolah di sebuah TK bernama Tadika Mesra dan memiliki teman-teman yang beragam tingkah laku, serta latar belakang adat dan budaya. Ada yang berkebudayaan Cina dengan kepribadian yang pandai dan cerdas (Mei Mei), India (Jarjit Singh), Susanti (Indonesia), Ehsan yang gemar ngemil, Mail yang suka berjualan, Fizi, Ijat dan lainnya.

Film Upin & Ipin juga dapat ditonton melalui video streaming di situs resmi TV9, BlueHyppo, YouTube (akun lescopaque), Hypp.TV dan lain sebagainya. Seiring dengan populernya film animasi Upin & Ipin, banyak cenderamata resmi yang juga dijual dengan tokoh utama Upin & Ipin dan Kawan-kawan, seperti pakaian, perlengkapan sekolah, gantungan kunci hingga perlengkapan rumah. Selain itu, Upin & Ipin juga tersedia dalam bentuk komik yang diterbitkan leh Nyla Sdn Bhd selama sebulan sekali di wilayah pemasaran Malaysia saja, isi halaman komik tersebut terdiri dari cuplikan tayangan kartun Upin & Ipin dan film Geng: Pengembaraan Bermula, profil pengisi suara dan kru di balik tayangan kartun Upin & Ipin, halaman pembelajaran dan aktivitas, dan sebagainya.

Beberapa penghargaan yang sudah diraih oleh film animasi Upin & Ipin dan Kawan-kawan ini di antaranya:

Festival Film Internasional Kuala Lumpur 2007
Animasi Terbaik
Penghargaan Shout! 2009
Best On-Screen Chemistry
World Brand Congress 2010, India
Brand Leadership Award
NEF-Awani ICT Awards 2010
NEF-Awani Tun Dr Mahathir Award
Malaysia Book of Records (2011)
Animasi Paling Terkenal
Penghargaan The BrandLaureate 2010
Best Brands in Animation
Anugerah Bintang Popular Berita Harian 2012
Karakter Animasi Lokal Paling Populer
Duta Besar Nasional UNICEF Malaysia 2013