Film Pendidikan Terbaik: Like A Stars On Earth

Taare Zameen Par, Like A Stars On EarthTaare Zameen Par atau Like A Stars On Earth dalam Bahasa Inggris, merupakan film India yang disutradarai oleh Aamir Khan dan ditulis oleh Amole Gupte. Ini adalah salah satu film yang Anda harus tonton wahai para orang tua, guru, dan orang-orang yang berkecimpung di dunia pendidikan. Ini bisa jadi film yang mengubah cara pandang Anda terhadap setiap anak. Percayalah!

Fokus utama film ini ada pada seorang anak berusia 8 tahun bernama Ishaan Awasthi yang tidak bisa mendapatkan nilai bagus di setiap mata pelajaran. Apakah itu pelajaran Bahasa atau Matematika bahkan Olahraga, ia tertinggal jauh di belakang teman-teman sebayanya. Padahal kakaknya adalah juara kelas dan mahir bermain tenis.

Ishaan adalah seorang pemimpi yang terpesona dengan ikan kecil, dan menghabiskan sebagian besar hari di sekolahnya dengan dihukum di luar kelas. Sementara di rumah, alih-alih mengerjakan pekerjaan rumah, ia lebih suka mencampurkan warna dan melukis.

Yakin bahwa disiplin yang ketat akan meluruskan anaknya, ayah Ishaan memindahkannya ke sekolah asrama. Dengan berat hati Ishaan masuk ke shell di sekolah barunya, namun tidak hanya gagal untuk menunjukkan perbaikan apapun dalam akademisi, ia juga tidak lagi terinspirasi untuk melukis. Perubahan datang ketika seorang guru seni pengganti muncul, yaitu Ram Shankar Nikumbh yang diperankan oleh Aamir Khan, yang menyadari ada yang berbeda dalam diri Ishaan. Nikumbh, menyadari bahwa Ishaan memiliki disleksia ketika ia melihat lebih dekat pada buku pelajaran Ishaan dan mengidentifikasi gejala disleksia seperti tulisan tangan tidak teratur, ejaan tidak konsisten dan menulis terbalik. Disleksia sendiri merupakan sebuah gangguan dalam perkembangan baca-tulis yang umumnya terjadi pada anak menginjak usia 7 hingga 8 tahun.

Nikumbh pada awalnya berusaha memberi informasi mengenai “perbedaan” Ishaan kepada orang tuanya namun mendapat penolakan, akhirnya ia mendesak kepala sekolah untuk memberikan Ishaan lebih banyak waktu untuk mengejar ketinggalan, Nikumbh pun merancang metode konvensional untuk mengajar Ishaan, dan akhirnya berhasil mengubah hidupnya selamanya.

Terdapat adegan lain yang saya anggap paling penting dalam film adalah ketika Nikumbh mengunjungi rumah Ishaan dan menjelaskan kepada orang tuanya apa sebenarnya masalah anak mereka, dan bagaimana mereka mungkin telah merusak kepercayaan dirinya selama ini.

Meskipun film ini berpusat pada Ishaan yang memiliki gejala disleksia, ini bukanlah film tentang disleksia. Juga bukan film tentang penyakit atau gangguan. Ini film tentang orang tua dan anak-anak, tentang tekanan kita yang kita pasang di anak-anak kita, tentang bagaimana kita mendorong mereka untuk menjadi produk perakitan bukannya mendorong mereka untuk menemukan kekuatan unik mereka sendiri. Ini juga tentang menemukan pahlawan kita.

Film Like A Stars On Earth merupakan film langka yang membawa pesan penting dan menceritakan cerita sensitif, semua dalam format film-Bollywood. Ya film ini mendesak Anda untuk introspeksi, dan membuat Anda melihat anak-anak secara berbeda. Ishaan bisa menjadi teman Anda, anak Anda, siapa tahu dia bisa jadi Anda.

Ada 5 poin penting dari film ini;

1. Setiap individu adalah unik dan memiliki seperangkat bakat unik, yang membutuhkan pengasuhan dan dorongan.

2. Mentoring yang baik berarti memahami akar penyebab dari masalah. Memahami kebutuhan individu anak merupakan bagian penting dari baik orangtua / sekolah. Stereotip mungkin tidak membantu dalam setiap kasus.

3. Kebahagiaan datang ketika Anda mengejar passion. Memaksa anak untuk jadi hal dia tidak suka dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan mentalnya.

4. Beberapa anak unggul di olahraga, beberapa di seni, sementara yang lain baik di akademisi. Bakat individu bervariasi. Sementara beberapa bisa sukses dengan lukisan, orang lain bisa unggul dengan mengembangkan kode software.

5. Jika seorang anak memiliki masalah dan dia tidak menanggapi teguran Anda, ini menunjukkan bahwa solusi atau metode yang diadopsi oleh Anda adalah salah. Ingat, tidak memberikan teguran juga merupakan teguran.

Simak trailernya disini;

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE