Flu dan Batuk Itu Berbeda Lho, Ini Dia Perbedaannya!

perbedaan flu dan batukFlu dan pilek, adalah dua istilah saat seseorang terkena infeksi saluran pernafasan yang umumnya disebabkan oleh virus. Kedua istilah ini memang memiliki banyak kesamaan dan semua orang hampir bisa dikatakan kurang tepat dalam menyebutkannya. Flu (influenza) dan pilek (salesma) adalah dua penyakit dengan kondisi yang berbeda, jika virus penyebab pilek teridentifikasi ada lebih dari 200 jenis virus, maka flu hanya ada beberapa jenis virus penyebabnya saja. Bahkan jika Anda menyadari, hal inilah yang menjadi faktor mengapa ada vaksin untuk flu tetapi tidak ada vaksin untuk pilek.

Flu dan pilek pada dasarnya memiliki perbedaan dalam manifestasi klinisnya, virus pilek menginfeksi dan berkembang di dalam orofaring dan nasofaring, sedangkan flu menginfeksi bagian anatomis tubuh seperrti rongga hidung, pangkal tenggorokan, tenggorokan, bronkus hingga paru-paru. Meskipun gejala flu dan pilek telihat hampir sama, namun kedua jenis penyakit ini memiliki beberapa perbedaan yang bisa dikenali, di antaranya:

  • Flu biasanya disertai dengan demam, yaitu kondisi di mana suhu tubuh naik hingga mencapai 38 derajat celcius atau lebih, sedangkan pilek jarang sekali disertai dengan demam.
  • Batuk pada penyakit flu biasanya adalah batu kering, sedangkan pada pilek biasanya disertai dengan batuk berdahak.
  • Pilek biasanya menghasilkan ingus yang banyak dengan warna cenderung kuning atau hijau, sedangkan pada flu ingus atau lendir hidung cenderung sedikit bahkan bisa tidak ada.
  • Orang yang terkena flu umumnya akan merasakan meriang dan ngilu pada tubuhnya, namun orang yang hanya terkena pilek biasanya tidak mengalami hal ini.
  • Rasa lelah jarang menghampiri penderita pilek namun sudah pasti menghampiri penderita penyakit flu.
  • Gejala pilek jarang disertai dengan bersin, namun gejala flu seringnya ditandai dengan bersin-bersin.
  • Orang yang mengalami gejala flu rata-rata mengalami gejala yang tiba-tiba seperti demam, sakit dan nyeri badan, dsb. Sedangkan gejala pilek biasanya baru terasa setelah beberapa hari.
  • Sakit kepala adalah hal yang paling sering menjangkiti orang yang terkena flu, berbeda dengan orang yang hanya terkena pilek biasanya jarang disertai sakit kepala.
  • Saat flu, biasanya tenggorokan akan terasa sakit, sedangkan pilek hanya mengalami nyeri tenggorokan biasa.
  • Nyeri dada juga akan dirasakan oleh beberaoa penderita flu, tapi akan dirasakan oleh semua penderita pilek.

Meskipun gejala flu dan pilek hampir sama, namun kedua penyakit ini memiliki kondisi yang berbeda dan tentu saja disebabkan oleh virus yang berbeda juga. Jadi, kenalilah gejalanya dengan baik agar Anda dapat menentukan tindakan dan jenis pengobatan seperti apa yang akan dijalani dan ditempuh untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan sesuai. Jika Anda terkena salah satu penyakit ini, tidak disarankan untuk memilih pengobatan instan yang tersedia di warung-warung. Pilihlah pengobatan alami untuk kemudian mengkonsultasikannya dengan dokter jika kondisi tubuh Anda dirasa semakin memburuk.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE