Gulai Tikungan (Gultik) – Kuliner Kaki Lima Terfavorit di Daerah Blok M Jakarta!

gultik malamJakarta, sebagai ibu kota yang selalu ramai dengan beragam jenis aktivitas warganya tidak luput dari ragam kuliner yang menyedot banyak pengunjung. Salah satu kuliner khas di daerah Blok M, Kebayoran Baru khususnya di perempatan Jalan Mahakam dan Jalan Bulungan terdapat sebuah tempat wisata kuliner yang sangat terkenal dari jaman dulu yakni sajian kuliner Gultik, Gulai Tikungan. Kuliner ini disebut demikian karena banyak pedagang nasi gulai yang memang mangkal di sekitar tikungan jalan tersebut, maka disebutlah sebagai Gultik oleh para pengunjung untuk memudahkan mereka dalam merekomendasikan kuliner di daerah ini kepada yang lain.

Di kawasan belakang Blok M Plaza, terhitung ada sekitar 15 orang pedagang Gultik, di antara mereka ada yang sudah berjualan selama puluhan tahun dari generasi ke generasi. Meskipun tergolong kuliner kaki lima, namun Gultik selalu menyedot banyak pengunjung baik yang hanya untuk sekedar mencicipi maupun yang sudah berlangganan pada penjual tertentu. Umumnya, kawasan ini ramai dikunjungi pada malam hari, apalagi saat weekend tiba yakni Sabtu malam. Tak hanya dikunjungi oleh para pejalan kaki, namun mereka yang datang dengan kendaaraan roda empat pun banyak yang sering mampir untuk mencicipi Gultik. Bahkan, sejak tahun 1980-an, banyak masyarakat yang menjadikan Gulai Tikungan ini sebagai destinasi kuliner terfavorit mereka.

Rasa dari kuliner Gultik ini, rata-rata memiliki rasa yang tidak jauh berbeda. Namun, rasa gurih dari kuah santan yang tidak terlalu kental yang disiramkan di atas sepiring nasi dan taburan bawang goreng disertai kecap dan kerupuk membuat sajian kuliner ini menjadi sajian yang cukup untuk mengobati rasa lapar yang tiba-tiba datang di malam hari.

gultik

Gulai yang dijual oleh para pedagang di sekitar kawasan Blok M ini adalah gulai sapi di mana mereka menggunakan beberapa bagian sapi seperti urat, tetelan, lemak hingga jeroan. Meskipun memiliki rasa yang sederhana, namun sajian kuliner ini mampu menggugah selera dan membuat ketagihan para penikmatnya untuk kembali berkunjung ke tempat yang sama.

Seporsi Gultik, disajikan dengan nasi setengah porsi. Jadi, bagi Anda yang terbiasa dengan porsi makan nasi normal, seporsi Gultik pasti akan terasa kurang. Meskipun demikian, seporsi Gulai Tikungan ini akan cukup memanjakan perut Anda yang sedang lapar, ditambah harga seporsi Gultik hanya berkisar Rp8.000 saja. Cocok untuk kantong pelajar maupun karyawan sekalipun.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE