Hal-Hal yang Wajib Dibawa Saat Liburan Keluarga

family-beach1Liburan keluarga mungkin saat ini menjadi ‘barang mewah’ bagi Anda. Hal ini dikarenakan baik orang tua maupun anak-anak terlalu terlarut dalam aktivitasnya masing-masing. Orang tua sibuk bekerja, anak-anak sibuk belajar dan aktivitas lainnya, hingga akhirnya mereka bertemu singkat saat makan tiba.

Nah, kebetulan pada bulan Mei ini, banyak tanggal merah yang bisa Anda planning untuk dibuat liburan bersama keluarga. Sudah berencana liburan di mana? Di manapun tempat Anda liburan nanti, ada perlengkapan-perlengkapan wajib yang harus Anda bawa. Apa saja itu? Berikut daftarnya:

Uang

Uang menjadi barang wajib, tapi masalahnya berapa uang yang harus Anda bawa? Haruskah Anda membawa uang cash dengan jumlah yang banyak? Karena jika membawa sedikit, mungkin Anda nanti di tengah perjalanan atau di tempat liburan kesulitan untuk menemukan ATM.
Paling tidak, sebelum berangkat, uang yang Anda bawa haruslah mencukupi untuk sekali keberangkatan, baik itu untuk makan, bensin dan cadangan. Sebelum benar-benar habis, Anda wajib mencari ATM untuk mengambil uang lagi.

Kamera

Kamera menjadi barang wajib untuk mendokumentasikan liburan Anda. Kini smartphone pun sudah bisa untuk mengambil gambar, namun bagi Anda yang suka fotografi disarankan untuk membawa kamera SLR dengan resolusi yang jauh lebih tinggi dari smarphone.
Kamera pada smartphone salah satu kelebihannya adalah langsung bisa disharing di Sosial media, namun mau tidak mau Anda harus puas jika gambar yang dihasilkan kamera smartphone ini tidak sebagus kamera SLR.

Kamera smartphone kini dilengkapi dengan Tongsis, fungsi tongsis sebenarnya seperti tripod, namun tongsis bisa digunakan selfie dengan banyak orang. Anda bisa membawanya untuk foto bareng sekeluarga.

Makanan

Makanan ringan juga perlu disiapkan, terutama jika dalam perjalanan panjang. Makanan yang Anda bawa sendiri sebagai bekal pasti higienis, dibandingkan jika makanan yang Anda beli di jalan. Makanan ringan juga berfungsi menunda lapar, terutama jika Anda sedang dalam kondisi macet di tol, nggak mungkin kan untuk beli makanan?

Obat-Obatan

Obat-obatan juga wajib disiapkan. Terutama untuk obat penyakit yang biasanya terjadi, misalnya sakit kepala, mabok, sakit perut atua maag. Obat-obatan sebaiknya lengkap, namun tidak perlu berlebihan juga.

Pakaian Ganti

Siapkan pakaian ganti beberapa potong sesuai lamanya Anda berlibur. Pakaian cadangan hanya satu dua helai saja, jika terlalu banyak Anda sendiri yang repot. Jika tujuan Anda ke pantai atau ada acara berenang, jangna lupa siapkan kostumnya.

Smartphone dan Pulsa

Smartphone dan pulsa untuk komunikasi wajib juga Anda siapkan sebelum liburan. Fungsinya tak lain buat komunikasi baik antara anggota keluarga di rumah, maupun rekan-rekan Anda yang lain. Tentu akan repot jika di tengah liburan Anda kehabisan pulsa dan membutuhkan komunikasi dengan orang, tapi tidak tahu beli pulsa di mana, iya kan?

Smartphone juga berfungsi jika Anda ingin mengabadikan moment liburan Anda ke social media. Anda bisa mengupload foto liburan Anda langsung lewat smartphone.

Perlengkapan Mobil

Peralatan montir, dongkrak, obeng, ban cadangan dan lainnya perlu Anda persiapkan, terutama jika Anda mengalami mogok di jalan. Sebaiknya sebelum pergi, Anda mengecek mobil Anda terlebih dahulu. Jika Anda yang menjadi sopir sendiri, siapkan stamina Anda, jangan sampai mengantuk.
Begitu juga jika Anda ada sopir sendiri, sarankan kepada dia sudah beristirahat cukup, agar vit saat mengendarai kendaraan nanti.

Nah, itulah perlengkapan-perlengkapan yang harus Anda persiapkan sebelum liburan dan menempuh perjalanan jauh. Mungkin Anda yang ada pengalaman khusus saat liburan, bisa share di bawah komentar ini.