Hal yang harus dipertimbangkan saat mengajak bayi naik pesawat!

October 12th, 2017

Bagi Bunda dan pasangan yang menyukai travelling, maka hal tersebut adalah hal yang sangat ingin dilakukan. Apalagi sudah hampir setahun atau lebih, Bunda dan pasangan sepakat ‘puasa’ untuk travelling karena masih menganduh si buah hati. Sehingga keinginan untuk travelling sangat menggebu-gebu di dalam otak.

Apalagi harga tiket pesawat terjangkau akhir-akhir ini membuat keinginan tersebut semakin kuat. Dan karena si buah hati tidak bisa ditinggal, apalagi masih balita, maka Bunda dan pasangan memutuskan untuk membawanya untuk travelling.

bawa bayi naik pesawat

 

Memang benar, menurut Dr. Cut Nurul Hafifah, Sp.A, seorang dokter anak, dalam tulisannya di idai.or.id, pada usia 3 bulan anak sudah bisa diajak berpergian memakai pesawat namun dengan jarak tempuh yang pendek. Tetapi untuk bayi yang baru dilahirkan tidak disarankan untuk naik pesawat.

Menurutnya lagi, sebelum membeli tiket pesawat, ada baiknya untuk mempertimbangkan berbagai hal agar bayi tetap sehat dan nyaman selama penerbangan. Berikut ini hal yang harus Bunda pertimbangkan;

1. Jarak dan lama perjalanan

Pilihlah penerbangan langsung, maksudnya yang tanpa transit. Apabila penerbangan yang Bunda pilih melakukan transit, pastikan supaya transitnya tidak terlalu lama. Perjalanan yang pendek akan membuat bayi nyaman.

Untuk waktu penerbangan, sebisa mungkin untuk memilih penerbangan yang sesuai dengan jadwal tidur si kecil. Sehingga si kecil akan menghabiskan waktu penerbangan dengan tertidur lelap. Jangan memakai obat tidur supaya tidak menimbulkan efek samping yang tidak diinginkan. Bila memang diperlukan agar si kecil tidur tenang dengan nyaman, konsultasikan dulu ke dokter sebelum memberikan obat tidurnya.

Bawalah juga perlengkapan bayi lengkap yang disimpan di kabin pesawat. Mintalah tempat duiduk di depan agar Bunda bisa menidurkan bayi di bassinet.

2. Peraturan maskapai

Aerospace Medical Association merekomendasikan batas usia bayi di atas 2 minggu, International Air Transport Association merekomendasikan batas usia bayi dapat ikut bepergian naik pesawat adalah di atas 7 hari, sedangkan Centre for Disease Control and Prevention Amerika Serikat 6 minggu. Maka pastikan dahulu pada maskapai batas umur bayi untuk menaiki pesawat.

Umumnya, anak dibawah 2 tahun tidak perlu tiket pesawat, satu orang anak dapat dipangku orang tuanya. Tapi bila usia anak di atas 2 tahun, maka diperlukan tiket khusus, seperti car seat yang dilengkapi sabuk pengaman.

3. Si kecil tidak menderita infeksi telinga tengah

Perubahan tekanan saat pesawat lepas landas dan mendarat bisa memengaruhi tekanan di telinga tengah. Jika telinga terkena infeksi, maka si kecil akan merasakan nyeri. Untuk mencegahnya, bayi bisa disusui dan untuk balita bisa disuruh untuk menghisap permen. Namun, bila si kecil pilek atau mengalami infeksi, sebaiknya konsultasikan dahulu ke dokter sebelum berpergian.

Komentar

BACA JUGA