Hasil Penelitian Buktikan Alasan Ilmiah Kedekatan Ayah dengan Anak Perempuan Ketimbang Laki-Laki

Secara umum, setiap orang tua memiliki kecenderungan perhatian lebih kepada anaknya. Hal yang sering terjadi adalah kedekatan antara ayah dengan anak perempuan. Terkait hal yang satu ini, ternyata ada sebuah penelitian yang membuktikan kalau kedekatan ayah dengan anak perempuan ini punya alasan ilmiahnya.

Penelitian terkait hal ini bisa diketahui dalam jurnal Behavioral Neuroscience. Dalam penelitian itu, para ilmuwan mencoba membandingkan antara perilaku seorang ayah terhadap anak. Mereka membandingkan perlakuan kepada anak laki-laki serta perempuan.

kedekatan ayah dan anak perempuan

Fakta Seorang Ayah Cenderung Terlibat Aktif dalam Kehidupan Anak Perempuan

Dalam penelitian tersebut terungkap kalau umumnya seorang ayah punya perbedaan pola pendidikan kepada anak perempuan dan laki-laki. Ketika menghadapi anak laki-laki, seorang ayah memberi perlakuan yang tegas dan cenderung menuntut prestasi bagus. Sementara itu, pada anak perempuan, ayah punya kecenderungan untuk memberi sikap lembut dan penuh kasih sayang.

Dalam penelitian berbeda yang dilakukan oleh American Psychological Association juga memperlihatkan hal serupa. Dalam studi itu, para peneliti mengungkapkan bahwa seorang ayah punya kecenderungan lebih perhatian dan responsif pada bayi perempuan dibanding bayi laki-laki.

Penelitian tersebut melibatkan total sebanyak 52 orang ayah, masing-masing 30 anak perempuan dan 22 laki-laki yang berasal dari Atlanta, Amerika Serikat. Dalam tubuh si ayah, peneliti menempelkan alat kecil yang sengaja ditempelkan pada ikat pinggang ayah.

Alat ini bisa merekam beragam aktivitas yang dilakukan oleh seorang ayah dalam jangka waktu selama 48 jam. Secara khusus, kemampuannya adalah merekam suara. Para peneliti mengungkapkan, responden sering lupa kalau mereka tengah menggunakan alat ini, sehingga mereka bersikap normal.

Fakta Hasil Penelitian Hubungan Ayah dengan Anak Perempuan

Dari hasil penelitian tersebut, terdapat 4 kesimpulan yang didapatkan oleh para ilmuwan, yakni:

1. Ayah punya respons lebih besar ketika melihat wajah bahagia seorang anak perempuan.

2. Ayah anak laki-laki terlihat memiliki respons besar kalau mereka melihat wajah netral anak.

3. Ayah menghabiskan waktu 60% lebih banyak untuk memberi tanggapan anak perempuan dibandingkan ayah dari anak laki-laki.

4. Ayah anak laki-laki punya waktu bermain 3 kali lipat lebih banyak dibandingkan ayah dengan anak perempuan.

Terlepas dari penelitian ini, seorang ayah tentu saja selalu berusaha untuk memberi hal yang terbaik kepada buah hatinya. Terlepas dari gendernya, apakah itu anak laki-laki ataupun perempuan.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE