Hasil Penelitian Nih Bunda! Berjalan Kaki Terbukti Perpanjang Usia

Punya umur panjang dan tubuh yang sehat menjadi keinginan banyak orang. Nah, kalau bunda ingin mendapatkan manfaat tubuh sehat dan umur yang panjang, bisa mempertimbangkan untuk memulai kebiasaan berjalan kaki. Menurut hasil penelitian, kebiasaan berjalan kaki bisa berdampak pada pengurangan risiko kematian dengan persentase mencapai 24%.

Manfaat mengurangi risiko kematian itu bisa diperoleh oleh siapapun. Baik bunda yang masih berusia awet dengan tubuh yang kinyis-kinyis ataupun orang tua yang berusia lanjut. Bahkan, berdasarkan hasil riset, pejalan kaki berusia 60 tahun bisa memperoleh penurunan risiko kematian yang diakibatkan oleh masalah kardiovaskuler dengan persentase mencapai 46%.

manfaat jalan kaki

Dalam riset yang dipublikasikan oleh peneliti dari University of Sydney, Edinburgh, Cambridge, Ulster, dan Limmerick, manfaat lebih besar dapat diperoleh ketika memilih untuk berjalan cepat. Mereka yang terbiasa berjalan dengan kecepatan tinggi, bisa memperoleh manfaat penurunan risiko kematian dengan persentase mencapai 53%.

Lalu, seberapa cepat kebiasaan berjalan kaki yang bisa dilakukan untuk mendapatkan manfaat maksimal? Terkait hal ini, Profesor Emmanuel Stamakis dari Australia mengungkapkan jalan kaki dengan kecepatan tinggi berada di kisaran 7 km per jam. Namun, kecepatan tersebut juga relatif, dikaitkan dengan kondisi tubuh masing-masing pejalan kaki.

5 Kebiasaan Sehat yang Dapat Menambah Umur

Selain penelitian tersebut, sebelumnya juga pernah ada riset yang dilakukan oleh Universitas Harvard. Lewat penelitian yang mereka lakukan, penambahan umur bisa dilakukan secara sederhana. Cukup dengan menerapkan 5 kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja kebiasaan sehat itu? Lima kebiasaan tersebut adalah menjaga konsumsi makanan, berolahraga rutin 30 menit sehari, menjaga berat badan, tidak merokok, serta tak mengonsumsi minuman beralkohol. Penelitian ini melibatkan responden dalam jumlah besar,mencapai 78 ribu wanita berusia 34 tahun dan 44 ribu responden laki-laki berusia 27 tahun.

Berjalan kaki menambah sehat

Hasilnya, mereka yang mengikuti 5 tips kebiasaan sehat itu, bisa merasakan secara langsung dampaknya dalam kehidupan sehari-hari. Para peneliti mengungkapkan, responden wanita bisa memperoleh penambahan harapan hidup sebesar 14 tahun. Sementara itu, laki-laki bisa bertambah umur mencapai 12 tahun.

Nah, dengan manfaat yang besar tersebut, tidak ada salahnya kalau bunda mulai hari ini membiasakan diri untuk berjalan kaki lebih banyak. Tidak selalu memakai kendaraan bermotor sekadar untuk belanja ke warung terdekat atau saat mengantar si kecil sekolah.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE