Hati-hati Batasi Konsumsi Kafein pada Anak-Anak

efek kafein, efek kopi, kafein pada anak, minuman berkafein

Kebanyakan orang tua tentunya tidak akan memberi anak-anak mereka secangkir kopi karena kopi mengandung kafein. Tapi mungkin orang tua tidak menyadari bahwa mereka secara rutin menyediakan minuman ringan yang mengandung kafein bagi buah hatinya.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein di mana-mana, oleh karena itu alangkah bijaksana untuk menjaga konsumsi kafein terutama pada anak-anak kita.

Amerika Serikat tidak mengembangkan pedoman untuk asupan kafein dan anak-anak, tetapi Kanada merekomendasikan bahwa anak-anak prasekolah boleh mendapatkan kafein tidak lebih dari 45 miligram per hari. Itu setara dengan jumlah rata-rata kafein yang ditemukan dalam 12 ons (355 mililiter) minuman bersoda.

Kafein secara alami diproduksi di daun dan biji banyak tanaman. Kafein juga dibuat secara artifisial dan ditambahkan ke makanan tertentu. Kafein didefinisikan sebagai obat karena merangsang sistem saraf pusat. Pada tingkat yang lebih rendah, dapat membuat orang merasa lebih waspada dan energik.

Pada anak-anak dan orang dewasa, terlalu banyak kafein dapat menyebabkan gelisah dan gugup, sakit perut, sakit kepala, kesulitan berkonsentrasi, sulit tidur, peningkatan denyut jantung, peningkatan tekanan darah.

Selain itu, berikut ini adalah beberapa alasan lain untuk membatasi konsumsi kafein pada anak-anak:

Anak-anak yang mengkonsumsi minuman ringan baik yang mengandung satu atau lebih dari 12-ons (355 mililiter) kafein per hari 60% lebih cenderung menjadi gemuk.

Minuman berkafein sering mengandung kalori kosong (kalori yang tidak memberikan nutrisi apapun), dan anak-anak yang mengkomsumsi minuman tersebut tidak mendapatkan vitamin dan mineral yang mereka butuhkan dari sumber yang sehat, dan menempatkan mereka pada risiko kekurangan gizi. Secara khusus, anak-anak yang minum terlalu banyak soda mungkin kehilangan kalsium yang mereka butuhkan dari susu untuk membangun tulang dan gigi yang kuat.

Minum terlalu banyak minuman manis berkafein dapat menyebabkan gigi berlubang atau karies akibat kadar gula tinggi dan erosi enamel gigi dari keasaman. Bagaimana soda dapat menyebabkan banyak kerusakan gigi anak-anak? Ini karena segelas minuman soda ringan mengandung setara dengan 10 sendok teh gula (49 mililiter), serta 150 kalori.

Kafein adalah diuretik, yang menyebabkan tubuh untuk menghilangkan air (melalui buang air kecil), yang dapat menyebabkan dehidrasi. Namun apakah jumlah kafein dalam minuman ini cukup untuk benar-benar menyebabkan dehidrasi masih belum jelas. Mungkin tergantung pada berapa banyak kafein yang dikonsumsi hari itu. Untuk berada di sisi yang aman, adalah bijaksana untuk menghindari konsumsi kafein berlebihan dalam cuaca panas, ketika anak-anak harus mengganti air yang hilang melalui keringat.

Tetapi menghentikan konsumsi kafein sekaligus juga tidak baik karena dapat menyebabkan gejala penarikan (sakit kepala, nyeri otot, depresi sementara, dan mudah tersinggung), terutama bagi mereka yang kerap mengkonsumsi minuman berkafein secara rutin.

Kafein juga dapat membuat masalah jantung atau gangguan saraf yang lebih buruk, dan beberapa anak-anak mungkin tidak tahu bahwa mereka beresiko.

Disunting dari : http://kidshealth.org
Gambar : http://www.medicaldaily.com

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE