Hati-Hati, Ini Dampak Negatif Anak Kalau Kecanduan Gadget

August 28th, 2017

Di zaman serba modern dan canggih ini kita sebagi manusia dimudahkan dengan bantuan teknologi. Begitu pula dalam hal mendidik anak, banyak orang tua yang merasa gadget menjadi pilihan atau alternatif si kecil untuk menggali ilmu. Mulai dari game edukasi hingga film anak-anak yang mengajarkan untuk menjadi pribadi baik untuk lingkungan serta ilmu yang berguna untuk pendidikannya.

Namun, apakah bunda salah satu orang tua yang selalu memberikan gadget ketika anak-anak rewel atau sedang ngambek? Apakah hal tersebut adalah jawaban terbaik, tentu memberikan gadget pada anak ketika sedang reqel atau ngambek dapat mengakibatkan kecanduan dan kecenderungan yang salah. Berikut dampak penggunaan gadget pada anak-anak:

dampak negatif gadget pada anak

1. Kesehatan mata terganggu. Di usia yang masih dini bisa jadi seorang anak telah memakai kacamata yang disebabkan oleh radiasi yang dipancarkan oleh layar gadget. Radiasi yang dipancarkan dapat membuat kesehatan mata seorang anak terganggu seperti rabun dekat, juling, mata kering, rabun jauh, dll.

2. Pertumbuhan terhambat. Anak-anak yang sering bermain gadget cenderung menghabiskan waktu di rumah dan hanya bersama gadget. Karena kurangnya aktivitas di luar rumah anak-anak jarang bermain dan berolahraga sehingga pertumbhan tulang maupun fisiknya terhambat karena anak hanya berada di rumah dan tidak melakukan aktivitas yang berkeringat.

3. Susah bergaul. Anak-anak yang banyak bermain gadget dan hanya dirumah cenderung jarang bersosialisasi atau berkomunikasi dengan teman di dunia nyata. Bahkan anak-anak yang telah mengenal internet dan media sosial cenderung memiliki banyak teman di dunia maya daripada dunia nyata. Mereka merasa teman di dunia maya sangat menarik dan sesuai ekspektasi. Adapun anak-anak yang bermain di luar rumah dan berkumpul namun mereka masing-masing sibuk dengan gadget dan tidak ada komunikasi.

4. Malas menulis dan membaca buku. Karena seringnya sang anak bermain gadget dan hanya mengetik, membuat anak-anak malas menulis dan merasa menulis sangat merepotkan dan melelahkan. Begitu juga dengan membaca buku, dimudahkannya format dan aplikasi e-book membuat anakanak malas membuka buku dan lebih suka membaca melalui e-book.

Walau ada baiknya gadget untuk komunikasi, tetap saja memberikan atau mengajarkan seorang anak bermain gadget di usia dini dirasa belum diperlukan. Bunda, sebaiknya jangan terlalu memanjakan anak-anak dengan gadget. Anda sebagai orang tua sebaiknya bijak dalam menimbang untung dan rugi penggunaan dan pengawasan gadget terhadap anak-anak.

Namun, penggunaan gadget juga tetap penting. Namun yang dapat diajarkan kepada anak hanya sebatas penggunaan gadget untuk komunikasi dengan orang-orang terdekat. Anda wajib tegas kepada anak-anak meskipun di dalam gadget terdapat permainan edukasi dan meiliki aturan tentang waktu lamanya bermain dengan gadet. Jadilah ibu bijak dalam penggunaan teknologi kepada anak-anak.

Komentar

BACA JUGA