Hindari! 6 Posisi Tidur yang Berbahaya Bagi Ibu Hamil

October 31st, 2017

Wanita hamil kerap menghadapi situasi yang tidak biasa. Salah satunya ialah sulit tidur. Gangguan sulit tidur yang dirasakan ibu hamil diantaranya merasa mual, berkeringat berlebik, sakit kepala dan pinggul terasa sakit.

Pada akhirnya, ibu hamil akan kesulitan istirahat. Selain itu, ibu hamil juga tetap harus waspada terhadap posisi tidur yang bisa membahayakan kehamilan.

tidur ibu hamil

Berikut posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil:

1. Tidur Terlentang Untuk Trimester Kedua

Trimester kedua merupakan fase trimester dimana uterus berada di bagian tekanan vena yang berfungsi untuk mengembalikan aliran darah ke jantung ibu hamil. Kondisi seperti ini akan membuat aliran darah ke plasenta menjadi lebih kecil.

Serta dapat membatasi asupan gizi ibu hamil dan oksigen pada janin. Posisi ini dapat menyebabkan kematian pada janin. Selain itu, posisi ini dapat menyebabkan mual dan pusiang pada ibu hamil.

2. Tidur Miring Ke Kanan

Posisi berbahaya bagi ibu hamil yakni miring ke kanan. Ibu hamil yang tidur ke kanan dapat menyebabkan tekanan yang kuat pada organ hati ibu hamil. Hal ini akan menyebabkan ibu hamim dan janin kekurangan oksigen.

3. Tengkurap

Posisi tidur tengkurap dapat menyebabkan janin tergencet dan tekanan pernafasan yang berat hingga kesulitan bernafas. Kondisi seperti ini dapat membuat jiwa janin terancam.

Apabila ibu hamil memiliki kebiasaan tidur tengkurap masih diperbolehkan tidur tengkurap pada masa awal kehamilan atau trimester pertama. Namun, lebih baik menghindari tidur tengkurap selama masa kehamilan.

4. Mengangkat Kaki Ke Atas

Ketika ibu hamil merasa lelah kadang mencoba untuk menempatkan kaki lebih tinggi dari tubuh. Pada dasarnya, posisi kaki yang lebih tinggi dari tubuh menyebabkan ruang janin menjadi lebih kecil yang membuat janin kekurangan oksigen.

5. Tidur Sambil Duduk

Tidur sambil duduk dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah yang berlebihan untuk jantung. Dan bagi ibu hamil akan merasa lelah pada bagian punggung dan juga memiliki wasir.

6. Tidur Terlentang Dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi

Posisi kepala yang lebih tinggi akan menyebabkan asupan oksigen untuk ibu hamil menjadi terbatas. Posisi ini juga akan meningkatkan tekanan untuk hati, plasenta, ginjal dan punggung ibu hamil.

Untuk mengatasi gangguan tidur selama kehamilan dapat menggunakan banyak bantal agar posisi tidur tidak berubah. Dan lebih baik gunakan pakaian yang longgar, tidak panas dan tetap lembut. Hal ini dapat membuat ibu hamil menjadi nyaman.

Komentar

BACA JUGA
  • Terbaru
  • Terpopuler
anak doyan dandan

Anak Doyan Berhias? Ini Hal yang Harus Dilakukan Orang Tua

Berdandan cantik merupakan aktivitas yang sering dilakukan ...
bahaya kucing ibu hamil

Buat Para Ibu Hamil, Perhatikan Nih 7 Bahaya Dekat-Dekat Kucing!

Kucing merupakan hewan yang banyak berkeliaran di sekitar ...
anak multi bahasa

Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan ...
minuman ibu hamil

Penting! Minuman yang Boleh dan Tidak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Sebagai Ibu yang baik pasti akan memberikan yang terbaik ...
kantung mata anak

4 Tips Ampuh Menghilangkan Kantung Mata pada Anak

Tak hanya orang dewasa, kantung mata juga bisa terjadi pada ...
penyakit kulit anak

6 Penyakit Kulit Pada Anak yang Perlu Diwaspadai

Sebagai orang tua yang selalu waspada dengan kesehatan si ...
cara mengajari anak menghitung

Cara Mudah dan Efektif Mengajarkan Anak Menghitung

Tak semua anak berbakat dalam mengusai matematika. Tetapi ...