Ibu Nurhasanah Iskandar, Sang Pengisi Suara Doraemon

nur Serial anime Doraemon telah menjadi bagian dari masa kita semua, termasuk untuk anak-anak kita. Kehadiran Doraemon di Minggu pagi seolah menjadi semangat bagi kita untuk bangun di pagi hari. Doraemon mengajarkan kepada kita semua tentang kepolosan anak dan pentingnya rajin belajar di sekolah.

Kurang lebih selama puluhan tahun hadir di televisi, kita tentunya akrab dengan suara Doraemon yang begitu khas. Kita tahu bahwa itu bukan suara Doraemon asli, namun suara seorang dubber. Sudahkah Anda tau siapa pengisi suara Doraemon? Ya, dialah Ibu Nurhasanah.

Sosok Ibu Nurhasanah dan dubber lainnya memang kurang begitu disorot media. Namun ketika menjadi bintang tamu di acara talkshow baru-baru ini, ibu Nurhasanah dan kawan-kawannya mendadak sering menjadi bintang tamu, padahal beliau sudah sejak dulu menjadi pengisi suara Doraemon. Yuk, mari kita mengenal lebih dekat dengan ibu Nurhasanah ini.

Ibu Nurhasanah ternyata sudah 20 tahunan menjadi seorang dubber. Selain Doraemon, ibu yang juga berkarir sebagai produser di acara sandiwara radio RRI ini pernah mengisi beberapa film China dan Thailand.

Rupanya ketika pertama kali Doraemon tayang di RCTI, pengisi suaranya tidak langsung Ibu Nurhasanah, melainkan ada seroang bernama Anita Riyadi selama 2 tahun mengisi suara pemilik kantong ajaib itu. Nah, setelah itu sekitar tahun 1993, barulah Ibu Nurhasanah yang menggantikannya.

Namun, pada tahun 2006, Ibu Nurhasanah sempat berhenti mengisi suara Doraemon, namun dalam waktu kurang dari setahun, Ibu Nurhasanah mengabdi kembali mengisi suara Doraemon ini. Ya, memang sih, kita mengakui bahwa kita terbiasa dengan suara Ibu Nurhasanah ini untuk sosok Doraemon, mungkin inilah yang menyebabkan beliau dipanggil lagi.

Meski kini usianya tidak lagi muda, Ibu ini mengaku siap menjadi Doraemon selama 20 tahun lagi, “Ya, kalau tidak ada halangan,” begitu ujarnya.

Ibu yang mengenakan hijab ini mengisi suara Doraemon setelah aktivitasnya di Radio RRI, sekitar sore hari. Dalam satu kali rekaman, bisa untuk 3 – 4 episode. Uniknya lagi, orang sekantornya pun mengetahui bahwa Ibu Nurhasanah adalah dubber Doraemon, tak jarang beliau pun dipanggil Doraemon ketika di kantor.

Dan uniknya lagi, dalam sebuah interview di acara televisi, beliau mengaku sempat ada teman anaknya yang ingin berbicara dengan dia lewat telepon menggunakan suara Doraemon, hmmm lucu ya?

Ya, mari kita doakan agar Ibu Nurhasanah selalu sehat dan bisa terus mengisi suara Doraemon.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE