Indonesian Idol Junior, Ajang Bergengsi Bakat Bernyanyi untuk Anak

idol junior2

Siapa yang tidak tau Indonesian Idol? Mungkin saat ini pasti banyak yang sudah tidak asing lagi dengan tayangan pencarian bakat bernyanyi ini atau mungkin Indonesian Idol menjadi tayangan favorit keluarga Anda? Nah, kini Indonesian Idol ada yang versi ana-anak, yang diberi nama Indonesian Idol Junior.

Bicara mengenai Indonesian Idol, sebenarnya ajang pencarian bakat bernyanyi ini diadaptasi dari Pop Idol asal Inggris yang kemudian ditayangkan di RCTI bekerja sama dengan FrementleMedia. Untuk versi dewasa, Indonesian Idol sudah tayang hingga musim kedelapan. Dulu memang sempat ditayangkan setahun sekali, namun 2 musim ke belakang hanya tayang setahun sekali, bergantian dengan ajang sejenis, yakni X-Factor dan Rising Star Indonesia.

Tidak semua kontestan atau pemenang Idol sekalipun bisa eksis dan bertahan di blantika musik Indonesia, coba kita hitung, ada berapa kontestan Idol dari musim pertama hingga kedelapan yang eksis di dunia entertainment? Mungkin kita bisa menyebut Winda Viska, Judika, Gisel, Rini Wulandari, Kunto Aji, Citra Scolastika dan Regina. Sementara yang lainnya? Mungkin sebagian dari mereka namanya tenggelam.

Hal yang demikian (kutukan ajang pencarian bakat) itu rupanya tidak menjadi halangan bagi sang produser untuk mengadakan Indonesian Idol versi anak atau yang disebut Indonesian Idol Junior. Acara ini rupanya menyedot perhatian anak-anak berbakat Indonesia, terlebih Indonesian Idol baru pertama kali diadakan di Indonesia dan Indonesia menjadi negara Asia yang pertama mengadakan Idol Junior.

Acara Indonesian Idol Junior ini tayang di MNC TV, berbeda dengan seniornya yang tayang di RCTI. Jam tayangnya pun lebih pagi, jika Idol dewasa mulai jam 9 malam, adiknya tayang jam 6 sore dan selesai sebelum jam 9 malam. Secara format acara memang tak ada bedanya antara Indonesian Idol dewasa dengan Indonesian Idol Junior, tiap minggunya ada satu persatu yang dieliminasi hingga menyisakan 2 orang yang bertarung di babak final. Sistem pemilihan masih seputar SMS dan telepon dan jangan lupa, Juri punya hak veto untuk menyelamatkan peserta yang tereliminasi.

Juri yang Kompeten

Bicara mengenai Juri Indonesian Idol Junior, memang masih diisi oleh wajah-wajah yang tidak asing lagi dari ajang pencarian bakat ini. Sebut saja Titi DJ, sang diva yang kita kenal sebelumnya menjadi Juri Indonesian Idol selama 6 musim berturut-turut. Sosok Titi DJ seolah berperan sebagai ibu yang protogonis yang keibuan dan selalu memberi saran masukan positif kepada Junior.

juri indonesian idol junior

Ada lagi Regina Ivanova, pemenang Idol musim ketujuh ini didaulat menjadi juri Idol Junior. Sosoknya yang ramah dengan anak-anak ini serta pengalaman di dunia tarik suara menjadikannya sebagai Juri dan sosok kakak/mentor yang baik kepada para peserta Idol Junior.

Sementara Host yang biasa memandu Indonesian Idol dewasa, Daniel Mananta juga didaulat sebagai Juri. Daniel lebih memberi masukan kepada Idol soal penampilan, busana dan aksi panggung. Sementara itu. tugas Host-nya diambil alih oleh Ari Untung bersama Bastian, mantan personel Coboy Junior.

Juri yang terakhir adalah Irvan Mirza Natadiningrat sebagai pelatih vokal dan music director. Mungkin beliau masih asing di telinga Anda? Tapi siapa sangka, Irvan pernah menjadi salah satu pesonel boyband jaman 90’an, ME.

Di beberapa episode, ajang ini pernah menghadirkan Iyeth Bustami sebagai juri tamu. Sosok Iyeth menjadi ditakuti karena kritikan pedasnya, memang dibuat demikian sebagai pelajaran mental para kontestan.

Peserta yang Berbakat

idolj1

Nah, ini nih! Bicara mengenai peserta secara keseluruhan memang berbakat, namun bisa dibilang belum ada yang unik dan lain dari yang sudah ada sebelumnya. Rian, Vitara dan Jojo bisa dibilang menjadi 3 peserta dengan kualitas vokal paling baik di antara kontestan lainnya. Bahkan ke-3 peserta ini sering menjadi penampilan terbaik dan diprediksi melenggang ke-3 besar nanti.

Sampai artikel ini diposting, dari ke-15 peserta yang terpilih tersisa 5 besar, ke-3 peserta yang diprediksi sejak awal masuk di dalamnya di tambah Maria, si hitam manis dari Medan dan Abygail. Masing-masing peserta memang punya kelebihan tersendiri. Rian misalnya, sosok anak kecil berambut klimis mempunyai vokal yang bulat untuk anak seumurannya. Vitara pun demikian, perkembangan yang sangat drastis dari babak awal hingga sekarang mampu menaklukkan Juri untuk memberikan hak veto dan menyelematkan Vitara saat terelimininasi.

Sosok Jojo walaupun mungil namun dia punya kualitas vokal yang lantang. Dia sangat jago mengolah suara dengan lagu-lagu batak, melayu dan dangdut. Sementara Maria dan Abbygail tak mau kalah dengan sellau menunjukkan performa terbaik di setiap penampilannya.

Siapakah yang akan menjadi Indonesian idol Junior yang pertama di Indonesia? Kita tunggu saja…

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE