Ingin Anak Cerdas? Biasakan Konsumsi 1 Butir Telur Per Hari Yuk!

Orang tua mana sih yang tak ingin anaknya memiliki kecerdasan tinggi? Salah satu kunci yang bisa dilakukan untuk mencerdaskan anak adalah lewat asupan gizinya. Cara sederhana, bunda bisa membiasakan anak untuk mengonsumsi telur secara rutin.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Washington University menunjukkan manfaat besar dari aktivitas konsumsi 1 butir telur per hari bagi anak. Para peneliti tersebut mengungkapkan, kalau kebiasaan itu dilakukan secara rutin dalam jangka 6 bulan, akan ada peningkatan aktivitas otak secara signifikan pada anak.

telur buat anak cerdas

Dengan dampak yang sangat besar tersebut, tentu saja akan sangat disayangkan kalau hal ini dilewatkan begitu saja. Apalagi, harga telur relatif cukup murah di pasaran. Selain itu, nutrisinya juga sangat tinggi, mengandung lemak omega 4, kolin, serta DHA.

Kolin dan DHA merupakan nutrisi yang bisa dijumpai pada bagian kuning telur. Kedua zat bergizi ini menjadi pemicu peningkatan aktivitas otak pada anak. Selain itu, telur juga bisa menjadi sumber nutrisi lainnya seperti vitamin A, selenium, serta vitamin B.

Para peneliti pun membuktikan dampak positif telur dengan melibatkan sebanyak 163 anak. Anak-anak tersebut dibagi dalam 2 kelompok. Satu kelompok mengonsumsi telur secara rutin, sementara kelompok lain tak diberi telur. Namun, bisa dipastikan kalau semuanya memperoleh asupan gizi yang cukup.

Setelah itu, para peneliti pun mengecek kondisi para responden. Hasilnya cukup signifikan. Kelompok pertama terdeteksi memiliki kandungan DHA dan kolin dalam jumlah yang sangat tinggi. Karena itu, para peneliti pun menyarankan kepada orang tua untuk membiasakan konsumsi telur pada anak.

Lalu, bagaimana kalau anak sudah bosan dengan konsumsi telur? Jangan khawatir. Bunda bisa menyediakan alternatif makanan lain yang memiliki kandungan tak kalah tingginya dengan telur. Makanan alternatif tersebut antara lain adalah sayur, daging, ikan, serta buah.

Selain itu, bunda juga bisa memiliki trik tersendiri dalam mengolah makanan berbahan telur. Ada beragam cara yang bisa dilakukan. Pertama, bisa mencoba untuk mengolah telur dalam berbagai jenis bentuk makanan. Kedua, bunda juga bisa berusaha untuk mempercantik penampilan makanan sehingga bisa menggugah selera makan anak.