Ingin Membawa Anak Ke Tempat Kerja? Ini Etika yang Perlu Bunda Perhatikan!

Seorang ibu selalu memiliki pertimbangan yang berat kalau harus berpisah dengan anak. Oleh karena itu, pilihan menjadi seorang wanita karier merupakan opsi yang harus dipikirkan matang-matang. Bahkan, karena alasan tidak tega, seorang ibu yang bekerja, kerap memilih untuk membawa si kecil ke kantor.

Terkait pilihan membawa anak ke tempat kerja ini, tentunya bunda harus terlebih dulu meminta izin ke atasan. Kalau diperbolehkan, tentu bunda harus bersyukur. Namun, kalau tidak, yah, mau apa lagi?

membawa anak ke kantor

Ketika bunda dalam posisi diizinkan oleh bos untuk membawa anak ke kantor, tetap saja ada etika yang harus diperhatikan. Jangan sampai kehadiran si kecil membuat suasana di tempat kerja menjadi tidak kondusif. Apalagi, tidak hanya mengganggu bunda, tapi juga rekan kerja lain.

Sebagai solusinya, pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut:

1. Pastikan si kecil punya waktu istirahat yang cukup
Hal pertama yang harus bunda perhatikan adalah terkait waktu istirahat anak. Sebelum mengajak anak ke kantor, bunda harus memastikan bahwa anak punya waktu tidur yang cukup di hari sebelumnya. Dengan begitu, anak tidak akan begitu rewel ketika sampai di kantor.

2. Sediakan cemilan serta mainan
Hal penting berikutnya adalah selalu menyediakan mainan serta cemilan favorit si kecil. Kedua barang bawaan ini sangat penting sebagai sarana untuk menjaga anak agar tidak merepotkan bunda selama di kantor. Bunda tidak perlu keluar kantor ketika anak lapar. Selain itu, mainan bisa menjadi teman si kecil agar tidak bosan.

3. Bawa pakaian ganti
Ketika mengajak si kecil ke kantor, bunda juga harus menyediakan pakaian ganti. Apalagi, tak menutup kemungkinan anak bakal berkeringat selama di tempat kerja. Dengan durasi yang sangat panjang, mulai pagi hingga sore hari, tentu akan tidak nyaman bagi anak kalau mereka harus berada dalam kondisi berkeringat.

Oleh karena itu, ketika waktu istirahat, bunda perlu mengajak si kecil untuk ke kamar mandi kantor. Di situ, bunda bisa mengajak anak untuk mandi sekaligus berganti baju. Sediakan pula sabun serta handuk dari rumah.

4. Beri penjelasan kepada si kecil
Hal penting berikutnya adalah, sebelum berangkat, bunda harus memberi penjelasan kepada anak. Beri tahu bahwa di kantor, bunda memiliki kesibukan untuk bekerja. Oleh karena itu, tidak bisa memberikan perhatian secara penuh kepadanya. Ajarkan anak untuk tidak bertindak gaduh selama di tempat kerja.

5. Janjian dengan teman kantor untuk sama-sama membawa si kecil
Terakhir, bunda bisa mengajak janjian sesama rekan kantor untuk sama-sama membawa anak. Dengan catatan, sama-sama pula memperoleh izin dari atasan. Apalagi, kalau kantor bunda punya ruangan yang luas dan bisa dijadikan tempat bermain untuk anak. Dengan adanya teman bermain, si kecil tidak akan cepat bosan selama di tempat kerja.