Ingin Mendidik Anak dengan Komunikasi Dua Bahasa? Ikuti 5 Tips Berikut!

November 18th, 2017

Anak kecil atau usia balita yang dapat berkomunikasi dengan bahasa asing, kerap kali dianggap cerdas di masyarakat. Bunda yang ingin memiliki anak yang dapat berkomunikasi dengan bahasa asing dab bahasa ibu juga dapat melatih si kecil loh!.

Seseorang yang pandai berkomunikasi dengan bahasa asing menurut penelitian ialah orang tersebut memiliki kemampuan mengingat yang lebih baik daripada orang yang hanya menguasai satu bahasa. So, bunda yang ingin anaknya pandai bahasa asing sejak usia dini dapat melakukan hal dibawah ini:

anak multi bahasa

1. Jangan bicara dengan bahasa bayi

Ketika masih bayi, jangan menggunakan bahasa bayi. Meskipun bayi, bahkan belum bisa bicara akan tetapi otaknya sudah mampu menstimulasi bahasa yang mereka dengarkan.

Ketika ia sudah memasuki usia belajar bicara, ia akan mampu memahami perbedaan bahasa yang bunda gunakan ketika berbicara kepadanya. Akan lebih baik jika bunda telah banyak berbicara dengan bahasa asing dengan bayi ketika berusia 1 bulan.

2. Bernyanyi, membaca, dan bermain

Aktivitas yang menyenangkan seperti menyanyi, membaca dan bermain akan sangat membantu kemampuan mengingatnya. Lebih baik lagi jika Anda sering memperdengarkan si kecil bahasa asing melalui nyanyian atau bacaan.

Ketika bayi Anda bertambah besar sering ajaklah bermain dan perluas aktivitasnya. Anda dapat memberinya mainan kartu dengan gambar sehingga memudahkab anak memahami sedikit demi sedikit kata serta bentuk dari kata tersebut.

3. Ayah dan Ibu bicara dua bahasa berbeda

Untuk memastikan anak fasih berbicara dua bahasa ialah pastikan anak Anda terekspos dua bahasa asing dalam jumlah waktu yang sama. Konsistenlah Anda dengan pasangan menggunakan bahasa berbeda, seperti ibu menggunakan bahasa indonesia dan ayah menggunakan bahasa inggris.

Pastikab ayah dan ibu sering mengajak anak berbicara dengan bahasa asing dalam jumlah waktu yang sama. Tentu cara ini akan bekerja baik, sebab anak akan lebih mudah membedakab dua bahasa tersebut.

4. Pastikan Anda juga fasih

Anda ingin anak Anda fasih bahasa asing namun Anda tak jago? Jangan khawatir sebab Anda dapat belajar bersama-sama sang anak. Selain itu, Anda juga dapat mengambil kursus bahasa asing.

5. Terus gunakan agar tak lupa

Mengajarkan bahasa baru adalah hal yang tidak mudah bagi anak-anak. Terlebih mereka yang sudah menyerah sebab merasa bahasa tersebut “sulit”. Tetapi, hal ini masih sangat wajar sebab anak-anaj belum terbiasa dengan bahasa tersebut.

Oleh sebab itu, gunakan bahasa asing tersebut terus menerus. Bahasa asing yang terus menerus diperdengarkab akan membuat anak Anda terbiasa dan tanpa disadari ia telah menyerap bahasa asing tersebut secara otomatis

Hal diatas dapat Anda praktekan kepada anak Anda. Terlebih orang tua yang ingin anaknya pandai berbahasa asing. Akan tetapi, jika Anda baru memulai mengenalkan bahasa asing ketika usia sekolah, itu bisa jadi sangat sulit. Sebab adaptasi terhadap suara dan bahasa akan terus menerus menurun.

Komentar

BACA JUGA