Ingin Mengajak Si Kecil Berenang di Kolam Renang? Ini Hal yang Harus Bunda Perhatikan!

Mengajari anak si kecil berenang menjadi salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan. Menurut saran para ahli kesehatan, setidaknya bayi harus telah berusia 6 bulan ketika diajak untuk berenang. Bunda pun bisa mengajaknya ke kolam renang atau menyediakan bak mandi secara khusus.

bayi kolam renang, si kecil berenang

Hanya saja, ketika memilih untuk mengajari si kecil berenang, ada beberapa hal yang harus bunda perhatikan. Hal-hal berikut ini berkaitan erat dengan pemilihan kolam renang serta beberapa faktor pendukung lain, yaitu:

1. Perhatikan suhu kolam renang
Ketika mengajak si kecil berenang ke kolam renang, pastikan untuk memperhatikan suhu air. Apalagi, ketika bayi berusia kurang dari 6 bulan. Agar si kecil tidak menggigil kedinginan, pastikan air memiliki suhu sekitar 32 derajat celcius. Selain itu, bunda juga harus sigap dengan menyediakan handuk setelah mengangkat si kecil dari kolam.

2. Ketinggian kolam renang
Faktor kedua yang harus diperhatikan adalah terkait ketinggian kolam renang. Pastikan air pada kolam renang memiliki ketinggian setara pundak si kecil. Hal ini untuk memberi kemudahan bergerak sekaligus menjaga agar tubuh si kecil tetap hangat.

3. Pastikan tubuh si kecil sehat
Faktor ketika yang perlu diperhatikan adalah melihat kondisi kesehatan si kecil. Hindari mengajak bayi ke kolam renang ketika tubuhnya dalam kondisi lemah, seperti ketika sakit demam, flu berat, ataupun diare.

4. Pertimbangkan untuk memakai popok khusus renang

Hal berikutnya yang perlu bunda perhatikan adalah mempertimbangkan untuk memakai popok khusus berenang. Popok ini memiliki desain khusus antibocor serta antiair. Dengan popok khusus ini, si kecil bisa beraktivitas secara bebas di dalam air tanpa perlu khawatir ketika mengompol.

5. Hindari kolam renang dengan klorin
Hal yang harus bunda perhatikan, hindari mengunjungi kolam renang yang memakai klorin. Air kolam dengan klorin, membuat kulit bayi jadi terasa lebih kering. Alhasil, hal ini bisa memunculkan iritasi pada kulit.

6. Pastikan si kecil makan terlebih dahulu

Terakhir dan tidak kalah pentingnya, bunda harus memperhatikan perut si kecil. Ketika sebelum berangkat ke kolam renang, pastikan bahwa anak sudah dalam kondisi perut kenyang. Namun, jangan langsung membawanya ke kolam renang setelah makan. Setidaknya tunggu sekitar 60 menit.

Dengan membawa si kecil ke kolam renang, bunda akan melihat manfaat langsung yang diperoleh. Hanya saja, ketika pertama kali masuk ke dalam air, jangan terlalu lama merendam bayi. Cukup dengan waktu sekitar 15-20 menit.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE