Ingin Punya Bayi Kembar? Ikuti Tips Ini, ya!

September 23rd, 2017

Memiliki bayi kembar merupakan sebuah anugerah yang sangat indah. Akan sangat menyenangkan jika anak lahir kembar berbeda jenis kelamin, namun kembar dengan jenis kelamin yang sama pun tak kalah lucu. Selain lucu, anak kembar memiliki banyak keunikan salah satunya dapat memahami satu sama lain tanpa harus mengeluarkan kata-kata.

tips bayi kembar

Di zaman modern, bayi kembar dapat dilakukan dengan program alami ataupun medis. Dalam program alamiah, ada banyak factor yang waib diketahui berikut factor yang wajib diketahui:

a. Riwayat anak kembar dalam keluarga, terutama si ibu

b. Keturunan Asia memiliki prosentase rendah memiliki anak kembar. Berbeda dengan keturunan Afrika ataupun Eropa yang memiliki prosentase tinggi.

c. Postur tubuh tinggi atau cukup gizi atau kelebihan berat badan

d. Setelah kehamilan 4 kali atau lebih meningkatkan kesempatan mendapatkan anak kembar

Selain factor bawaan, adapula kemungkinan yang membuat Anda memiliki anak kembar yakni sebagai berikut:

1. Hamil di usia tua.

Kemungkinan usia tua untuk hamil anak kembar semakin tinggi, sebab si udia tua cenderung susah hamil tetapi jika hamil lebih mungkin memiliki anak kembar. Namun, Anda tetap harus konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

2. Asam Folat.

Gizi yang baik untuk ibu hamil adalah asam folat. Asam folat telah membuktikan dapat meningkatkan mendapat anak kembar. Selain itu, manfaat asamm folat ialah untuk mencegah anak terlahir cacat. Nmun, konsusmsi terbaik asam folat adalah tidak lebih dari 1000mg perhari.

3. Hentikan pil KB

Ketika ibu hamil menggunakan pil KB untuk pertama kalinya, akan membuat kondisi ibu hamil bekerja keras mengatur hormone. Selama bulan pertama atau kedua setelah berhenti minum pil KB, produksi ovarium akan meningkat bahkan dapat melepaskan dua sel telur yang berarti meningkatkan kesempatan memiliki anak kembar.

4. Bantuan Dokter

Bantuan kesuburan juga dapat didapatkan melalui suplemen hormone eksogen seperti Clomiphene sitrat yang berupa obat-obatan yang berfungsi meningkatkan kemungkinan ovulasi dengan beberapa sel telur. Metode buatan tertentu seperti bayi tabung dan inseminasi memungkinkan penanaman lebih dari satu embrio dalam rahim.

5. Mengandung di masa menyusui

Ketika seorang ibu hamil di masa menyusui sangat berpelung besar mendapatkan anak kembar. Masa ini memiliki kemungkinan keberhasilan mencapai 95%. Namun, wajib Anda ketahui bahwa Anda siap hamil ketika masa menyusui si kecil.

Tidak semua cara diatas berhasil entah dengan bantuan medis atau secara alamiah. Kemungkinan mendapatkan anak kembar tergantung hormone dan proses yang dilakuklan oleh ibu-ibu berbeda-beda. Namun, tak ada salahnya mencoba cara diatas dalam program anak kembar Anda.

Komentar

BACA JUGA