Ini Dia, Bahayanya Kekurangan Vitamin!

kekurangan vitamin, kekurangan vitamin a, akibat kekurangan vitamin c, akibat kekurangan vitamin a, kekurangan vitamin b, kekurangan vitamin dVitamin sangat dibutuhkan oleh tubuh, ada sekitar 13 jenis vitamin yang diperlukan tubuh untuk bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Vitamin-vitamin tersebut antara lain vitamin A, C, D, E, K dan B (tiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, biotin, vitamin B6, vitamin B12, dan folat). Namun pada kenyataannya ternyata tubuh hanya bisa memproduksi vitamin K dan vitamin D dalam bentuk provitamin tidak aktif.

Dampak terpenuhinya kebutuhan vitamin tentu saja akan memberikan manfaat yang sangat besar pada kesehatan, tubuh akan selalu terasa bugar dan menjadi lebih efektif dalam melakukan berbagai macam aktivitas. Sebenarnya tubuh hanya memerlukan sedikit vitamin, namun bila kebutuhan tersebut diabaikan, maka tubuh akan mengalami gangguan kesehatan dikarenakan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Metabolisme di dalam tubuh menjadi terganggu karena fungsi seharusnya yang berasal dari vitamin tidak dapat digantikan oleh senyawa lain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin terlebih pada anak-anak.

Tahukan Anda apa saja dampak negatif dari kekurangan vitamin? Berikut uraiannya:

  • Kekurangan vitamin A : Menurunkan ketajaman pada penglihatan bahkan bisa menyebabkan kebutaan.
  • Kekurangan vitamin B1 (tiamin) : Menimbulkan gejala sakit kepala, mual, mudah lelah, depresi, dan nyeri perut. Kekurangan vitamin B1 ini juga dapat membuat penderitanya sulit mencerna karbohidrat dan terkena penyakit beri-beri, yaitu penyakit dengan gejala sulit bernapas, kerusakan jantung, dan penurunan kesadaran.
  • Kekurangan vitamin B2 (riboflavin) : Menyebabkan gejala mudah lemas, nyeri tenggorokan, pembengkakan lidah, sudut mulut pecah-pecah, eksim, dan anemia.
  • Kekurangan vitamin B3 (niasin) : Menyebabkan penyakit pellagra yang biasanya ditandai dengan timbulnya eksim, demensia, dan diare, dalam jangka panjang bahkan dapat menimbulkan depresi dan kelemahan otot.
  • Kekurangan vitamin B6 (piridoksin) : Menyebabkan depresi, radang pada lidah, serta sariawan.
  • Kekurangan vitamin B9 (asam folat) : Menyebabkan anemia, mudah lelah, kulit pucat, nyeri pada lidah, dan diare.
  • Kekurangan vitamin B12 (sianokobalamin) : Menimbulkan gejala mudah lelah, sering merasa lemas, dan anemia pernisiosa.
  • Kekurangan vitamin C : Menimbulkan penyakit skrobut, seperti lemas, depresi, radang gusi, serta mudah terjadi perdarahan baik pada gusi, kulit, maupun organ dalam. Penyembuhan luka dan jaringan pun menjadi terganggu.
  • Kekurangan vitamin D : Menyebabkan kelemahan otot dan sendi, nyeri tulang, mudah lelah, serta depresi.
  • Kekurangan vitamin E : Menyebabkan kelemahan otot, gangguan koordinasi otot, penyakit hati kronis, serta gangguan saraf.
  • Kekurangan vitamin K : Menjadi mudah memar, perdarahan sukar berhenti, sering mengalami mimisan dan gusi berdarah, menstruasi banyak, sampai mengalami pendarahan dari saluran cerna dan saluran kemih.

vitamin

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE