Ini Lho Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani!

Musée du Louvre, Ikon Kota Paris, kebugaran jasmani adalah, pengertian kesehatan, unsur unsur kebugaran jasmani, manfaat kebugaran jasmani, unsur kebugaran jasmani, jasmani, materi kebugaran jasmani, apa yang dimaksud kebugaran jasmani, kebugaran, macam macam kebugaran jasmani, pandidikan jasmani

Setahun sekali, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa Ramadhan selama satu bulan penuh. Umat Muslim berpuasa (tidak makan dan minum) sejak matahari terbit hingga matahari terbenam. Rata-rata umat Muslim melaksanakan puasa selama 12 jam, meskipun demikian ada beberapa Negara yang berpuasa hingga 22 jam lamanya.

Selain mendekatkan diri secara rohani kepada Sang Pencipta, berkah puasa di bulan suci Ramadhan ini juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh, yakni menjadi lebih segar dan bugar.Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa ternyata mampu memperpanjang angka harapan hidup karena memberi manfaat kesehatan secara keseluruhan. Lantas, apa lagi manfaat lainnya dari berpuasa?

Memperlancar peredaran darah

Berpuasa ternyata terbukti dapat menurunkan detak jantung, tekanan darah dan memperbaiki fungsi ventrikel kiri jantung, memperlancar peredaran darah dan mempercepat pemulihan jantung pasca olahraga. Semua hal tersebut pada akhirnya berkontribusi dalam menjaga kesehatan jantung dan menurunkan resiko penyakit jantung.

Memperbaiki kadar gula darah

Berpuasa juga sangat baik bagi penderita diabetes dan kencing manis karena dapat menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, dengan berpuasa juga dapat mengindarkan seseorang dari penyakit diabetes. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ternyata, selama berpuasa, tubuh akan dipaksa untuk mencari sumber energy lain selain karbohidrat. Dan sebagai gantinya, lemak akan dipecah menjadi energy. Hasil akhirnya, LDL dan triliserida-kolestrol jahat dalam tuuh akan menurun, sementara HDL atau kolestrol baik justru meningkat.

Menjaga berat badan

Berhubung asupan kalori yang dimasukkan ke dalam tubuh selama bulan Ramadhan dibatasi, ritual puasa ini mampu menurunkan berat badan dan persentasi lemak dalam tubuh. Dengan demikian Anda bisa mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat selepas bulan puasa.

Menurunkan resiko terkena berbagai penyakit

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa berpuasa dapat menurunkan resiko penyakit autoimun, kanker, penyakit ginjal, penyakit akibat penuaan, dan penyakit saluran pernapasan.

Ibadah puasa selama sebulan penuh di bulan suci Ramadhan juga melatih kita untuk lebih disiplin mulai dari bangun tidur, sahur, berbuka, mengatur pola makan hingga mengatur pola tidur. Kebiasaan kurang baik seperti merokok dan ngemil pun menjadi berkurang. Diharapkan gaya hidup sehat yang tercipta selama bulan Ramadhan ini akan terus terbawa di kemudian hari.

Banyak pencari berita di internet juga mencari artikel dengan kata-kata berikut; manfaat puasa, niat puasa senin kamis, manfaat puasa senin kamis, puasa senin kamis, hikmah puasa, keutamaan puasa senin kamis, manfaat puasa daud, manfaat puasa rajab, niat buka puasa senin kamis, hikmah puasa ramadhan, hikmah puasa senin kamis, bacaan niat puasa senin kamis, niat puasa senin, manfaat puasa bagi kesehatan, niat puasa kamis, manfaat puasa mutih, puasa bagi ibu hamil, hikmah puasa sunnah, kesehatan jantung, kebugaran jasmani, pengertian kebugaran jasmani, komponen kebugaran jasmani.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE