Inilah Ciri-Ciri Anak Cerdas Yang Sering Luput Dari Perhatian Orangtua

ciri anak cerdas, meningkatkan daya ingat, anak cerdas, agar anak cerdas, daya ingat, cara membuat anak cerdas, cara mendidik anak, agar anak cerdas, ciri ciri anak cerdasSetiap orangtua pasti menginginkan anak yang pintar dan cerdas, namun ternyata masih banyak dari mereka yang menganggap kepintaran anak dilihat dari bisanya mengerjakan soal-soal ujian dengan mudah, banyaknya piala yang diraih, ranking 1 di kelas hingga juara umum di sekolah. Orangtua yang memiliki anak “kurang cerdas” cenderung menyalahkan anak karena ketidakpintarannya dalam mengerjakan soal-soal ujian hingga mendapatkan nilai yang buruk, atau karena perilakunya yang dianggap tidak pernah mendengarkan guru saat menerangkan pelajaran di sekolah. Padahal, dari itu semua ada hal lain yang sering diabaikan orangtua bahwa ternyata anaknya adalah anak yang cerdas. Untuk mengetahui apakah anak Anda termasuk anak yang cerdas atau tidak, kenali melalui ciri-ciri yang disebutkan berikut ini:

Memiliki daya ingat yang kuat

Anak yang cerdas biasanya memiliki kemampuan daya ingat yang kuat baik yang pernah ia liat maupun yang ia dengar meskipun hanya sekilas. Pernahkah anak meminta janji yang sudah lama disampaikan kepada Anda, seperti janji berlibur saat akhir pekan namun Anda lupa menepatinya? Ya, mereka mampu mengingat banyak hal termasuk informasi yang dilihat, didengar, bahkan berbagai hal yang terjadi di masa kecil bisa mereka ingat sebagiannya. Untuk mengetes daya ingatnya, Anda bisa mengajak mereka jalan-jalan ke museum, stasiun, atau kebun binatang. Apakah keesokan hari dan hari-hari selanjutnya mereka mampu menceritakan berbagai hal yang ia lihat di sana dengan baik atau tidak? Jika iya, kemungkinan anak Anda memiliki kecerdasan di atas rata-rata.

Menunjukkan ketertarikan pada berbagai hal

Pernahkan anak tidak berhenti menanyakan berbagai macam hal yang ia lihat dan ia dengar saat diajak jalan-jalan? Anak yang cerdas biasanya akan mencari tahu banyak hal yang baru dilihat olehnya termasuk hal yang paling ia minati. Jika anak banyak bertanya, berikan jawaban-jawaban yang memuaskan dan tidak perlu dimarahi karena pada saat itu mereka sedang mengeksplorasi kemampuan otaknya dalam menyerap berbagai macam informasi serta minat dan bakatnya.

Mampu membaca dan menulis lebih dini tanpa diajarkan

Ciri anak cerdas selanjutnya adalah menunjukkan kemampuan membaca dan menulis lebih awal sekalipun tanpa mendapatkan pengajaran formal. Anak yang cerdas memiliki rasa keingintahuan yang tinggi terhadap sesuatu, maka untuk merangsang keingintahuannya mulailah perkenalkan buku-buku bergambar dengan teks sederhana kepada anak sedini mungkin. Mereka yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata selalu merasa penasaran untuk dapat membaca sendiri huruf-huruf yang ada pada buku yang dimilikinya. Rasa penasaran tersebut muncul secara alamiah dan mendorong diri mereka sendiri untuk belajar membaca secara mandiri.

Mampu menyanyikan lagu dengan nada yang pas

Jika anak Anda mampu menyanyikan lagu dengan nada yang tepat, hal tersebut bisa menjadi petunjuk mengenai kecerdasannya. Anak cerdas biasanya juga memiliki bakat seni tertentu seperti menyanyikan lagu yang ia senangi hingga bermain alat musik. Anak yang memiliki bakat seni menunjukkan keseimbangan antara otak kanan dan kirinya.

Mampu menggambar dan mewarnai dengan tepat

Anak yang mampu menggambar dengan baik meskipun usianya masih di bawah 7 tahun, bisa juga menjadi tanda akan kecerdasannya. Menggambar merupakan salah satu seni sama halnya seperti bernyanyi, dengan menggambar dan mewarnai keseimbangan otak kanan dan kirinya menjadi berfungsi dan maksimal. Tak hanya menggambar, seni melipat kertas atau origami juga bisa melatih keseimbangan otak anak. Saat anak mewarnai gambar dengan tepat tanpa ke luar garis juga bisa menjadi tanda bahwa anak Anda termasuk ke dalam kategori cerdas.

Mampu berkonsentrasi lebih lama

Anak-anak yang memiliki kecerdasan di atas rata-rata umumnya memiliki rentang perhatian yang panjang dan mampu berkonsentrasi dengan instens.

Memiliki kosakata yang banyak

Apakah anak Anda mampu memahami kosakata yang sulit untuk kategori seusianya? Jika anak mampu menggunakan kosakata yang sulit dengan tepat, dan mengucapkan banyak kosakata yang tak terduga dan membuat kalimat dengan struktur yang lengkap, Anda perlu berbangga karena hal ini bisa menjadi tanda bahwa mereka adalah anak-anak yang cerdas.

Memiliki perhatian yang detail

Mereka anak-anak yang cerdas memiliki perhatian yang lebih kompleks dan detail terhadap sesuatu yang bahkan luput dari perhatian orang-orang di sekitarnya. Misalnya seperti gambar kecil pada baju seseorang yang dilihatnya di jalan, dan lain sebagainya.

Sering berimajinasi

Salah satu ciri anak yang cerdas di antaranya adalah mereka suka berimajinasi. Membayangkan awan berbentuk donat, membentuk huruf dengan jari-jemari hingga membuat gambar dengan cerita versinya sendiri.

Aktif bergerak

Anak yang aktif cenderung dianggap sebagai anak yang hiperaktif, padahal keduanya memiliki perbedaan. Anak yang hiperaktif biasanya memiliki tingkat konsentrasi yang rendah, mereka cenderung melakukan sesuatu hal yang dianggap nakal atau jahil. Berbeda dengan anak yang aktif, sekalipun mereka tidak mau diam, tetapi mereka mampu menyerap pelajaran yang diterimanya dengan baik. Mereka senang melakukan sesuatu yang menantang karena mereka senang menggerakkan fisiknya.

Itulah beberapa ciri anak cerdas yang patut diketahui oleh para orangtua agar kita semakin mengenal dan memahami anak-anak untuk kepentingan perkembangan otaknya. Kecerdasan anak tidak hanya bisa dilihat dari sisi kemampuan dalam mengerjakan soal atau menjadi juara kelas di sekolah saja, tetapi jauh dari itu ada hal penting lain yang perlu kita pelajari untuk mewujudkan anak yang cerdas secara emosional dan psikologis.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE