Inilah Daftar SMA Unggulan Terfavorit se-Indonesia

Masuk ke sekolah unggulan menjadi impian dan kebanggaan tersendiri bagi setiap orang tua maupun calon siswa itu sendiri. Sayangnya, masuk ke sekolah unggulan ini juga bukan hal yang mudah. Banyak persyaratan yang harus terpenuhi, salah satunya nilai akhir yang dimiliki.

Dari ribuan sekolah di Indonesia, hanya ada beberapa sekolah saja yang memang terkenal dengan para siswa-siswinya yang cerdas dan tentunya menghasilkan banyak prestasi skala nasional hingga internasional. Sekolah unggulan ini tidak hanya tersebar di Jakarta, Bandung dan Yogyakarta saja, tetapi di beberapa kota lainnya. Mau tahu SMA unggulan se-Indonesia yang terfavorit di kalangan para pelajar ini? Berikut ulasannya.

1. SMA Taruna Nusantara Magelang

sma tarnus, sma terbaik di indonesia, sekolah terbaik di indonesia

SMA Taruna Nusantara dikenal juga dengan sebutan Tarnus atau TN, yakni sebuah sekolah menengah tingkat atas berasrama yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Sekolah ini dikenal dengan penekanan pada nilai-nilai kejuangan, kebangsaan dan kebudayaan yang diejawantahkan ke dalam terpadunya aspek prestasi akademik, kesamaptaan jasmani dan kemandirian.

SMA Taruna Nusantara bisa diartikan sebagai “pemuda dari seluruh pelosok pulau” (taruna = pemuda, nusa = pulau yang menjaring siswa berprestasi lulusan SMP atau sederajat dari berbagai golongan strata ekonomi dan sosial. Sekolah ini bahkan terkenal dengan disiplinnya yang tinggi, bahkan menurut beberapa sumber sekolah ini hampir menerapkan semi-militer karena sekolah ini termasuk yang pertama kali memakai sistem asrama.

Salah satu lulusan dari sekolah Taruna Nusantara Magelang ini adalah Agus Harimuti Yudhoyono, anaknya mantan presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Prestasi Internasional yang pernah diraih oleh Sekolah ini yakni mendali emas olimpiade fisika di Mongolia oleh Ahmad Andhiki. SMA Taruna Nusantara beralamat di Jl. Raya Purworejo Km 5 – 56172 – Magelang.

2. SMAN 8 Jakarta

sman 8 jakarta, sma terbaik di jakarta, sekolah termahal di indonesia, sma favorit di jakarta

Sekolah Menengah Atas Negeri 8 Jakarta yang juga dikenal dengansebutan SMANDEL ini merupakan salah satu dari SMA Negeri di DKI Jakarta yang berpredikat sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional. SMA Negeri 8 Jakarta didirikan pada tanggal 1 Agustus 1958 di Taman Slamet Rijadi Jakarta dengan nama SMA Negeri VIII/ABC, namun pada bulan Januari 1959 dilakukan pemindahan tempat atau gedung sekolah di SMP Negeri III Jakarta, Jl. Manggarai Utara IV/6, Manggarai Utara, Jakarta Selatan. Dan pada tanggal 30 Maret 1971 SMA Negeri 8 Jakarta berdiri di Jalan Taman Bukitduri Tebet dan diresmikan oleh Gubernur Ali Sadikin.

3. SMAN 3 Bandung

sman 8 jakarta

SMA Negeri (SMAN) 3 Bandung, merupakan salah satu Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Sama seperti SMA pada umumnya di Indonesia, masa pendidikan sekolah di SMAN 3 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran (untuk kelas reguler) atau dua tahun pelajaran (untuk kelas akselerasi), mulai dari Kelas X sampai Kelas XII. Sekolah ini didirikan pada tahun 1953, di mana sebelumnya bernama SMA B (1952), dan sebelumnya lagi bernama SMA 1 B/C (1950).

Sekitar tahun 2007, sekolah ini menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan sebelumnya dengan KBK, namun pada tahun 2013 SMAN 3 Bandung mencoba Kurikulum 2013 untuk siswa kelas X (untuk kelas X program Akselerasi tetap menggunakan kurikulum lama).

4. MAN Insan Cendekia Tangerang

man insan cendikia

MAN Insan Cendekia atau yang dikenal dengan sebutan MAN IC atau INCEN adalah sebuah Madrasah Aliyah Negeri setingkat Sekolah Menengah Atas berasrama yang terletak di 9 tempat di seluruh Indonesia dan dibina oleh kementerian agama. Sekolah-sekolah tersebut di antaranya: MAN IC Serpong, MAN IC Gorontalo, MAN IC Jambi, MAN IC Aceh Timur, MAN IC OKI Sumsel, MAN IC Siak Riau, MAN IC Bangka Tengah Babel, MAN IC Paser Kaltim, dan MAN IC Pekalongan Jateng.

Sekolah yang didirikan oleh Prof. Dr. -Ing. Bacharuddin Jusuf Habibie melalui BPPT ini menerapkan prinsip keseimbangan antara penguasan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa. MAN Insan Cendekia menyeleksi secara ketat calon siswanya dengan mengadakan tes seleksi yang dilaksanakan di 20 provinsi di seluruh Indonesia.Sejak tahun 2010 semua siswanya mendapatkan beasiswa penuh dan parsial di setiap kampus yang ada.

Kementerian Agama RI melalui Direktorat Pendidikan Madrasah berencana mengoperasikan 8 MAN Insan Cendekia baru pada 2016 yaitu (1). MAN IC Sorong Papua Barat; (2). MAN IC Tanah Laut Kalsel; (3). MAN IC Batam Kepri; (4). MAN IC Bengkulu Tengah Bengkulu; (5). MAN IC Kota Kendari Sulawesi Tenggara; (6). MAN IC Palu Sulawesi Tengah; (7). MAN IC Padang Pariaman Sumbar dan (8). MAN IC Sambas Kalbar.

5. SMAN 3 Semarang

sman 3 semarang

SMA Negeri 3 Semarang adalah sebuah SMA Negeri yang terletak di Jalan Pemuda No. 149, Kota Semarang. Dahulu jalan ini dikenal sebagai Jalan Bodjong sehingga SMA Negeri 3 Semarang juga dikenal sebagai SMA Bodjong. Sekolah ini berdiri pada tanggal 1 November 1877.

6. SMAN 1 Teladan Yogyakarta

pertukaran pelajar sman1be

Sebelumnya SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA A Yogyakarta, dan jika ditarik jauh ke belakang, SMA Negeri 1 Yogyakarta ini asalnya adalah Algemeene Middelbare School afdeeling A pada zaman Belanda. Jika diperhitungkan, sekolah ini sudah berdiri selama hampir rentang tiga zaman, antara masa penjajahan, revolusi fisik, dan era kemerdekaan.

Pada tahun 1954, Kepala Urusan Pendidikan SMA Depdikbud menugaskan beberapa SMA untuk mengadakan kurikulum baru, kemudian SMA-SMA ini disebut sebagai SMA Teladan dan salah satunya adalah SMA Negeri 1 Yogyakarta ini. SMA Teladan sendiri terdiri menjadi tiga bagian. Bagian A bermaterikan Sastra Budaya, bagian B mengajarkan Ilmu Pasti, dan bagian C bermaterikan Sosial Ekonomi, dan SMA Negeri 1 Yogyakarta adalah SMA Teladan Bagian A. Tetapi karena dianggap berhasil, maka pada tanggal 30 November 1962 melalui SK Mendikbud nomor 34/SK/BIII, mengangkat SMA Teladan A menjadi Teladan ABC. Tak lama setelah itu, keluarlah instruksi dari Depdikbud untuk menerapkan eksperimen kurikulum SMA Teladan di seluruh Indonesia. SMA Teladan ABC Yogyakarta pun berubah namanya menjadi SMA Negeri 1 Teladan Yogyakarta.

7. SMAN 5 Surabaya

sman 5 surabaya

Sekolah Menengah Atas Negeri 5 Surabaya juga dikenal dengan sebutan Smalabaya. Sekolah Negeri ini menjadi salah satu Sekolah Adiwiyata di Surabaya sekaligus sekolah unggulan tingkat SMA di Indonesia. SMAN 5 Surabaya berlokasi di pusat kota Surabaya, tepatnya Jalan Kusumabangsa no. 21, di kawasan yang dikenal dengan istilah SMA kompleks bersama SMA-SMA lain seperti SMA Negeri 1 Surabaya, SMA Negeri 2 Surabaya, dan SMA Negeri 9 Surabaya.

8. SMAN 4 Denpasar

sman 4 denpasar

SMA Negeri 4 Denpasar berdiri pada tanggal 29 Juli 1982 di kawasan Perumnas Monang – Maning Denpasar, namun saat itu karena SMA Negeri 4 Denpasar belum memiliki gedung sekolah sendiri, maka untuk sementara kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di SD Negeri Tulang Ampian. Saat itu jumlah siswa SMA Negeri 4 Denpasar adalah yang paling banyak di antara jumlah siswa dari SMA lain yang ada di Kab. Badung.

Pada tanggal 4 Januari 1983, gedung SMA Negeri 4 Denpasar telah rampung dikerjakan, dan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di gedung baru. Sejak saat itu, SMA Negeri 4 Denpasar cukup dikenal di Propinsi Bali bahkan sampai ke luar daerah, terlebih lagi ditunjang oleh nilai Ebtanas yang konsisten dari tahun ke tahun hingga saat ini. Hal ini ditandai dengan meningkatnya penerimaan siswa di Perguruan Tinggi favorit, demikian pula sejak awal dilaksanakannya Ebtanas pada tahun 1985, siswa SMA Negeri 4 Denpasar mampu mempertahankan prestasi dalam perolehan nilai.

9. SMAN Plus Riau

sman plus riau

Sekolah Plus Riau ini baru dibentuk pada tahun 1998/1999 dengan jumlah siswa yang hanya 70 orang dan 13 guru tapi sudah berhasil menjadi salah satu sekolah unggulan di Indonesia. Hal ini bisa menjadi bukti bahwa anak daerah tak selalu harus kalah dengan anak yang sekolah yang ada di kota besar. SMAN Plus Riau berlokasi di Jalan Lingkar Kubang raya, Pekanbaru.

10. SMAK 1 BPK Penabur Jakarta

bpk penabur

Sekolah unggulan tidak melulu sekolah negeri milik pemerintah, seklah swasta pun banyak yang layak jadi sekolah unggulan. SMAK 1 BPK Penabur, Jakarta salah satunya. Sekolah ini berhasil menunjukkan bahwa sekolah swasta pun tak kalah bersaing dari SMA Negeri, bahkan sudah banyak prestasi internasional dari murid-murid Penabur Jakarta ini, mulai dari olimpiade matematika, fisika sampai astronomi dan astrofisika international. SMAK BPK Penabur Jakarta berlokasi di Jl. Tanjung Duren Raya No. 4, Blok E Lantai 5 Jakarta.

11. SMAN 1 Baleendah Bandung

sman 1 be

Sekolah RSBI di kabupaten Bandung ini juga menjadi sekolah unggulan terfavorit yang bisa menjadi pilihan terbaik bagi kalian yang tinggal di kabupaten Bandung. Sekolah ini telah mencapai berbagai macam prestasi akademik dan non akademik yang luar biasa. Terakhir kali, sekolah ini menjalin kerjasama pertukaran pelajar dengan SMAN 1 Teladan Yogyakarta.

Terfavorit

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE