Inilah Fakta Menarik Tentang Semut

an-naml-semutPernahkah Anda memperhatikan secara seksama bagaimana tingkah laku semut? Semut dikatakan sebagai hewan cerdas dan termasuk ke dalam ordo “Hymenoptera” yang masih memiliki hubungan kekerabatan dengan tawon. Semut pertama kali muncul selama periode Cretaceous dan merupakan produk evolusi tawon yang berasal dari periode Jurassic. Para ilmuwan memperkirakan semut telah hidup di bumi selama lebih dari 100 juta tahun.

Semut bisa hidup hampir di semua daratan bumi. Semut hidup dalam koloni besar dengan pembagian tugas yang rapi antar anggota koloni yang beranggotakan dari beberapa ratus hingga jutaan ekor yang dipimpin oleh satu ekor ratu. Beberapa pejantan subur disebut “drone” serta sejumlah besar betina steril disebut sebagai tim “pekerja”. Ratu dan semut jantan bertanggung jawab untuk reproduksi. Nah, mau tahu fakta-fakta menarik semut lainnya? Berikut ulasannya:

  1. Semut sebagian besar ditemukan di iklim panas.
  2. Semut memiliki sekitar 250.000 sel otak di kepalanya.
  3. Terdapat lebih dari 10.000 spesies semut di seluruh dunia. Jika dikalkulasikan, 10% dari keseluruhan hewan di dunia merupakan semut. Dan jika ditimbang, jumlah massa semua semut di bumi sama dengan jumlah massa semua manusia di bumi.
  4. Usia hidup rata-rata seekor semut adalah 45-60 hari saja. Semut pekerja hanya mampu bertahan hidup selama 45-60 hari, bandingkan dengan sang ratu semut yang bisa hidup hingga berumur 20 tahun. Dan ketika sang ratu mati, koloni semut tersebut hanya bisa bertahan beberapa bulan.
  5. Memiliki kaki yang sangat kuat untuk berjalan cepat.
  6. Warna semut umunya terdiri dari warna hitam, hijau, merah, coklat, kuning, biru dan ungu.
  7. Mampu mengangkat beban dengan 20x lipat dari berat tubuhnya sendiri.
  8. Menggunakan antena sebagai peraba dan pembau.
  9. Semut dewasa tidak bisa menelan makanan yang bersifat padat, mereka bergantung pada sari makanan yang diperoleh dari potongan-potongan makanan padat.
  10. Semut berukuran 2mm – 7mm, jenis Carpenter Ant merupakan semut pengecualian karena mampu meregang hingga 2cm bahkan lebih.
  11. Setidaknya ada 1 ekor ratu dalam setiap koloni semut.
  12. Memiliki 2 perut, yang satu digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan bagi dirinya sendiri, yang satu agi berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan yang bisa dibagikan kepada semut yang lain.
  13. Mampu melakukan tidur selama 7 jam dalam sehari.
  14. Semut sebagian besar merupakan omnivora. Artinya, mereka merupakan pemakan segala mulai dari serangga lain, biji, minyak, dan remah roti. Di Afrika dan Asia, ada spesies semut yang bisa membunuh dan memakan binatang lain yang lebih besar dengan cara “mengeroyokinya” dan dikenal dengan nama Driver Ant, Safari Ant dan Siafu. Jenis semut tersebut merupakan pemburu yang sangat kuat, dan mereka memanfaatkan jumlah saat mengincar mangsa. Driver ant pernah ditemukan membunuh bayi manusia dan kuda yang sedang diikat di kayu. Driver ant akan membunuh apapun yang berada di dekat sarang mereka, bahkan 100.000 ekor binatang mati dalam sehari karena koloni semut ganas ini. Semut ini juga suka berpindah-pindah untuk mencari mangsa, seperti serangga, laba-laba, kadal, ular, ayam dan binatang kecil lainnya. Terkadang memanjat pohon dan menyerang burung di sarangnya.
  15. Ratu semut memiliki sayap ketika lahir, kemudian sayapnya tanggal saat dia mulai membangun koloni.
  16. Semut hitam dan semut kayu tidak memiliki sengat, namun mereka mampu menyemprotkan cairan asam formiat.
  17. Semut pemotong daun tropis menggunakan rahang tajam yang mereka miliki untuk memotong daun dan membuatnya menjadi semacam bubur (pulp). Pulp tersebut kemudian digunakan sebagai media bercocok tanam jamur yang menjadi makanan mereka.
  18. Ahli bercocok tanam, semut telah memulai bertani dan berkebun 50 juta tahun lebih awal sebelum manusia untuk meningkatkan jumlah makanan. Mereka menggunakan teknik hortikultura yang sangat canggih untuk meningkatkan hasil panen, mereka mensekresikan zat kimia yang kaya antibiotik untuk menghambat pertumbuhan jamur. Sarang mereka juga dibangun dengan sistem yang sangat canggih untuk mengontrol temperatur dan kelembapan.
  19. Mampu membentuk superkoloni. Superkoloni terbesar terdapat di Kalifornia bagian selatan, dengan panjang 600 mile (sekitar 965 kilometer).
  20. Slave-Maker ant merupakan jenis semut yang suka menggerebek sarang semut lain dan mencuri pupa mereka. Dan ketika pupa tersebut menetas lalu menjadi semut, semut tersebut kemudian dijadikan budak dalam koloni.
  21. Ratu semut berukuran lebih besar daripada pekerjanya, mereka memiliki thorax dan abdomen yang lebih besar. Setelah menemukan koloni baru, tugas sang ratu adalah menghasilkan banyak semut pekerja, semut jantan dan ratu lainnya.
  22. Semut jantan memiliki tubuh yang paling kecil dalam kasta semut. Tugas mereka hanya satu, yaitu membuahi sang ratu saat ritual perkawinan. Dan akan mati setelah beberapa hari.
  23. Semut pekerja memiliki tugas mencari makan, merawat bayi, membangun sarang, menjaga koloni serta ratu, dan mengambil sampah dari sarang kemudian memasukkannya ke dalam tempat pembuangan sampah.
  24. Semut tentara yang bercirikan memiliki kepala yang besar bertugas untuk menjaga sarang mereka dari serangan musuh.
  25. Ada sekitar 700.000 anggota dapat ditemukan pada koloni semut tentara.
  26. Saat seekor semut pekerja menemukan sumber makanan, ia akan meninggalkan jejak aroma untuk menarik semut lain agar datang ke lokasi tersebut.
Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE