Inilah Kelima Negara Dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

2014111715251974639Pendidikan menjadi salah satu komponen terpenting yang menentukan nasib sebuah bangsa, hampir semua negara maju sangat mengedepankan bidang yang satu ini. Bahkan, sistem pendidikan yang baik akan membawa kemajuan dan keberhasilan dalam segala bidang. Banyak negara yang dahulunya merupakan negara tertinggal, namun setelah membenahi sistem pendidikannya mereka berhasil mengangkat derajatnya menjadi negara maju yang mandiri.

Sebuah fakta bahwa negara-negara maju pasti memiliki sistem pendidikan yang baik, namun tahukah Anda negara apa saja yang saat ini diakui sebagai negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia? Berikut daftarnya.

Finlandia

Pendidikan di negara Finlandia cukup terbilang unik, mereka menggratiskan biaya pendidikan, suasana belajar yang santai dan informal, bahkan tidak ada seragam sekolah dan UN. Anak-anak di Finlandia tidak memulai sekolah dasar jika mereka belum berusia 7 tahun, namun pada usia 5 tahun mereka mengikuti pra sekolah , hanya saja lebih menekankan pada bermain dan sosialisasi. Dalam dunia pendidikan, Finlandia hanya memilih orang-orang terbaik untuk menjadi guru, bahkan mereka berhasil menerapkan kecintaan membaca buku pada warganya sejak dini. Kini, Finlandia berhasil menjadi negara yang memiliki sistem pendidikan terbaik di dunia.

Cina

Ada beberapa daerah di Cina yang memiliki kualitas pendidikan tinggi, daerah tersebut adalah Shanghai dan Hongkong. Kedua wilayah ini memiliki peringkat tinggi dalam PISA (Programme for International Student Assessment), yaitu program yang melakukan studi mengenai prestasi anak berusia 15 tahun yang dilakukan oleh OECD, sebuah organisasi yang menaungi perkembangan perekonomian dunia. Tidak hanya itu, beberapa universitas bahkan menerapkan sistem ujian yang ketat demi mewujudkan keberhasilan belajar dan kualitas siswanya di masa depan.

Kanada

Negara Kanada selalu mengeluarkan anggaran pendidikan yang besar setiap tahunnya. Mereka mewajibkan setiap wilayah di negaranya untuk bertanggungjawab atas sistem pendidikan di wilayahnya sendiri. Sehingga tak mustahil jika negara Amerika Utara ini dikenal memiliki standar dan kualitas pendidikan yang tinggi. Meskipun biaya pendidikannya tidak gratis, namun biaya pendidikan dan biaya hidup di Kanada cenderung lebih rendah dibanding di negara Eropa dan Amerika Utara lainnya sehingga banyak calon mahasiswa yang memilih untuk melanjutkan studinya di negara ini.

Korea Selatan

Pendidikan di negara Korea Selatan tercatat mengalami perkembangan yang sangat pesat, faktor utamanya terletak di bidang teknologi. salah satu buktinya adalah Korea Selatan menhadi negara pertama yang menyediakan layanan akses internet berkecepatan tinggi kepada siswa-siswi sekolah dasar hingga menengah atas.

Selandia Baru

Negara Selandia Baru berhasil menduduki peringkat ke-7 dalam PISA tahun 2009 lalu, bahkan pada tahun sebelumnya mereka berhasil menempati peringkat tertinggi berdasarkan indeks pendidikan bersama negara-negara lainnya seperti Denmark, Finlandia, dan Australia. Pencapaian tersebut diumumkan oleh Human Development Index (Indeks Pembangunan Manusia) dari PBB. Kesuksesan di bidang pendidikan yang telah diraih Selandia Baru berhasil diraih karena mereka memberikan pendidikan kepada warga negaranya bagi anak yang berusia 6-16 tahun secara cuma-cuma.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE