Inilah Kenapa Mendongeng Harus Tetap Dilakukan

dongengMasih ingat ketika sewaktu kecil sebelum tidur, ibu atau ayah kita selalu mendongeng? entah itu kisah 25 nabi, kisah kancil yang mencuri timun, atau kisah teladan yang lainnya? Nah, apakah mendongeng ini tetap Anda lakukan saat sekarang kepada anak Anda? Jika iya, itu bagus sekali Bunda. Namun jika tidak dilakukan, ada baiknya Anda segera melakukannya untuk perkembangan buah hati Anda.

Ada yang menganggap bahwa mendongeng adalah hyal yang kuno alias ketinggalan jaman. Orang tua menganggap anak-anak jaman sekarang sudah lebih bisa mandiri, namun mereka tidak tau bahwa mendongen bukanlah kegiatan bercerita saja, namun di sana terbentuk pola komunikasi yang lebih intim antara Anda sebagai orang tua dengan anak Anda.

Pernah kah Anda menemui kejadian begini di Mall? Si anak merengek meminta dibelikan sesuatu oleh orang tuanya, anak tersebut merengek-rengek dan tidak mempedulikan lingkungan sekitar. Sementara orang tua enggan membelikannya, alhasil sang anak pun menangis dengan kencang, Orang tua pun serba salah, antara mau membelikan atau jengkel kepada anaknya yang menangis di depan umum.

Kenapa hal itu terjadi? Ya, karena dari awal pola asuh yang diterapkan kepada anak kurang tepat. Anak meminta sesuatu dengan bahasa yang kurang baik. Di sinilah pentingnya pola komunikasi antara orang tua dan anak yang harus baik, dengan mendongenglah salah satu cara untuk memperintim pola komunikasinya.

Dengan mendongeng, maka Anda akan terbiasa berkomunikasi dengan anak-anak lebih dekat, akan tercipta pula dialog yang intensif, anak akan tidak malu bertanya kepada Anda tentang hal-hal yang dia tidak tau atau ingin tau, sementara Anda juga bisa memberikan hal-hal yang baik lagi kepada anak. Berikut ini adalah manfaat yang bisa kita ambil dari mendongeng.

 

Belajar Keteladanan

Saat mendongen Anda tentu akan menceritakan hal-hal yang baik, kisah para pahlawan atau nabi, fabel, cerita rakyat yang tentu semuanya akan berpangkal pada satu titik, yakni keteladanan. Di akhir cerita Anda pasti memberitahukan hal-hal yang bisa diambil dan patut dijadikan contoh oleh anak Anda dalam kehidupan sehari-hari.

Anak Peniru yang Baik tentang Kesopanan

Jangan lupa bahwa anak adalah peniru yang baik, ketika Anda suka berbicara kasar maka anak Anda akan terbiasa dengan sikap kasar pula, begitu juga dengan sebaliknya. Mendongen identik dengan kelembutan dan kesopanan, anak-anak pasti akan mudah meniru sikap Anda yang demikian.

Meningkatkan Minat Baca

Minat baca pada anak juga bisa dibentuk dari kebiasaan mendongeng Cobalah berdiskusi dengan anak, ajak dia ke toko buku dan pilihlah cerita-cerita yang sekiranya disukai oleh anak. Percaya deh, anak-anak pasti ketagihan,

Komunikasi Membentuk Percaya Diri

Komunikasi yang dekat dan intensif yang terus-terusan dilatih  akan membentuk kedekatan tersendiri kepada anak Anda. Anak yang terbiasa didongengi akan belajar bagaimana sang ibu bercerita, nah jika sudah terbiasa begini, cobalah Anda mengetes anak Anda untuk berbalik bercerita, rasa percaya dirinya akan diuji dan Anda bisa memulai menanamkan rasa percaya diri tersebut kepada anak Anda ini.

Melatih Imajinasi dan Kreativitas

Mendongeng sudah pasti bisa membuat anak berimajinasi dengan hal-hal yang diceritakan, rasa imajinasi inilah yang kemudian akan mengasah kekreativitasan anak Anda ini. Ingat, kreatif yang tinggi bisa dimulai sejak kecil, kemudian fasilitasilah kreativitas anak Anda ini dengan medianya dan arahkan dengan tepat.

Nah, beberapa point di atas adalah hal-hal yang bisa diambil manfaatnya dengan mendongeng. Siapa sangka, hall-hal yang sesederhana mendoongeng menciptakan manfaat yang luar biasa bagi perkembangan anak

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE