Inilah Penyebab Mata Merah & Cara Mengobatinya

177678391_0567738ceaApakah Anda sering mengalami mata merah namun bingung bagaimana cara pengobatan yang tepat? Tentunya, sebelum mengetahui apakah mata merah yang sering dialami tersebut bisa disembuhkan sendiri dengan pengobatan sederhana atau malah harus pergi ke dokter, Anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Sebenarnya, mata merah bisa disebabkan oleh masalah-masalah ringan pada mata seperti iritasi atau sakit mata ringan saja. Namun jika mata merah Anda diiringi dengan rasa sakit. Mungkin ada masalah serius dan Anda harus segera memeriksakannya ke dokter mata.

Penyebab

Mata merah juga dikenal dengan konjungtivitis, hal ini terjadi ketika membrane transparan (konjungtiva) lapisan kelopak mata dan bagian putih bola mata meradang. Penyebabnya bisa karena adanya reaksi alergi, infeksi virus atau infeksi bakteri. Penularan mata merah akan terjadi jika disebabkan oleh bakteri atau virus.

Konjungtivitas sendiri merupakan peradangan dari lapisan tipis atau selaput yang menutupi bolat mata dan permukaan kelopak mata bagian dalam. Pada penderita konjungtivitis mata akan terasa berpasir, gatal, merah dan bengkak pada kelopak mata. Penyakit ini bisa diakibatkan oleh iritasi seperti debu, klorin, alergi terhadap serbuk sari, atau infeksi. Ciri-ciri mata konjungtivitis:

  • Konjungtivitis yang disebabkan alergi biasanya akan membuat kedua mata menjadi terasa sangat gatal
  • Konjungtivitis akibat virus cenderung mempengaruhi satu bagian mata saja dengan gejala dominan mata berair yang kemudia disusul oleh mata yang satunya lagi. Biasanya terjadi bersama dengan sakit flu atau batuk pilek.
  • Konjungtivitis akibat bakteri akan menyebabkan cairan mata atau belek yang lengket dan pergeseran kulit di sekitar kelopak mata.

Pengobatan & Pencegahan

Pengobatan mata merah tentunya tergantung pada penyebabnya, khusus untuk mata merah karena alergi dokter akan memberikan antibiotik untuk berbagai bakteri. Namun, antibiotik tersebut tidak berpengaruh pada mata merah akibat virus sehingga Anda perlu menunggu virusnya hilang dengan sendirinya sekitar 1-2 minggu. Cara lain untuk mengobati mata merah karena iritasi adalah dengan cara mengompres mata dengan air dingin, khusus untuk konjungtivitis akibat alergi dan virus harus dikompres dengan air hangat. Obat mata juga bisa meringankan mata merah dalam beberapa kasus tertentu.

Selain itu, Anda tidak disarankan untuk menyentuh apalagi mengucek-ngucek mata merah, menghindari penyebaran infeksi mata kepada orang lain dengan cara menghindari kontak langsung, tidak memakai make-up atau lensa kontak sampai konjungtivitis benar-benar sembuh, mengganti kosmetik yang telah kadaluarsa atau terkontaminasi, tidak berbagi pakai barang dengan orang yang terkena mata merah (seperti handuk, bantal, dll), juga tetap menjaga kebersihan dengan teratur mencuci tangan. Jika mata merah Anda tidak membaik dalam jangka waktu 2×24 jam, segera berkonsultasilah ke dokter mata untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Optimization WordPress Plugins & Solutions by W3 EDGE